Rumah Rehabilitasi Bagi Korban Kekerasan di Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 17 Desember 2022
0 dilihat
Rumah Rehabilitasi Bagi Korban Kekerasan di Konawe
Plt Kadis P3A, Suparjo bakal menjalankan program rumah rehabilitasi bagi korban kekerasan pada perempuan dan anak Foto: Ist.

" Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Konawe berencana membangun rumah rehabilitasi bagi korban kekerasan pada perempuan dan anak "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Konawe berencana membangun rumah rehabilitasi bagi korban kekerasan pada perempuan dan anak.

Rumah tersebut akan dibangun untuk mengoptimalkan pelayanan P3A terhadap kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ditangani.

Plt Kadis P3A Konawe, Suparjo mengatakan, pembentukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) P3A menjadi program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Baca Juga: 54 KK di Kota Kendari Korban Bencana Angin Puting Beliung, Banjir dan Tanah Longsor

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan, karena tidak hanya pencegahan kekerasan melainkan untuk melakukan penanganan dari segi psikologis untuk para korban.

“Salah satu program kita selain UPTD P3A ada juga rumah rehabilitasi untuk merawat korban yang mengalami kekerasan,” ujar Suparjo, Sabtu (17/12/2022).

Suparjo menyebut, trauma yang dialami korban kekerasan tidak dapat hilang sepenuhnya, tetapi setidaknya korban bisa melanjutkan kehidupan di lingkungan sosialnya.

Dinas P3A akan memilih orang-orang yang ahli serta berpengalaman di bidang psikiater.

Baca Juga: Turis Ekspedisi Budaya Kota Tua Bakal Kunjungi Baubau

"Nanti kita siapkan tenaga psikiater yang memang bersitifikat,” terangnya.

Sementara itu Kanit PPA Satreskrim Polres Konawe, Ipda Ni Kade Karmiati sangat mendukung atas program Pemkab Konawe tersebut.

"Setidaknya rumah rehabilitasi ini dapat memulihkan kondisi kejiwaan ataupun mental dari korban kekerasan," ucapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga