Lahirkan Atlet Berprestasi, Kabupaten Buton Pacu Peningkatan Sarpras

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Senin, 15 Agustus 2022
0 dilihat
Lahirkan Atlet Berprestasi, Kabupaten Buton Pacu Peningkatan Sarpras
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (kiri), Bupati Buton, La Bakry (kanan) dan didampingi oleh Kadispora Buton, Abdul Z Napa (tengah) saat mengecek lahan pembangunan GOR lapangan olahraga demi mewujudkan peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Buton. Foto: Ist.

" Porprov Sulawesi Tenggara bakal menjadi ajang pembuktian bagi Kabupaten Buton, untuk bisa mengukir berbagai prestasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Peningkatan prestasi olahraga nampaknya menjadi salah atau fokus utama dari pemerintah Kabupaten Buton. Itu terlihat jelas, dari beberapa atlet terutama di Cabang Olahraga (Cabor) Dayung yang berhasil meraih prestasi baik dari tingkat lokal bahkan nasional.

Demi terus meningkatkan prestasi olahraga, Pemerintah Kabupaten Buton terus melakukan berbagai strategi dan upaya, mulai dari peningkatan sarana dan prasarana (Sarpras) serta pembinaan atlet yang dilakukan secara maksimal. Agar, bukan hanya Cabor dayung saja yang melahirkan prestasi, tetapi berbagai Cabor lain diharapkan bisa berprestasi di tingkat tertinggi.

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara bakal menjadi ajang pembuktian bagi Kabupaten Buton, untuk bisa mengukir berbagai prestasi. Di mana perhelatan olahraga terakbar di bumi anoa tersebut, Kabupaten Buton dan Kota Baubau menjadi tua rumah. Dengan target besar yaitu mampu menjadi yang terbaik dengan menjadi juara umum.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan, prestasi olahraga menjadi sebuah hal penting dan wajib untuk ditingkatkan. Karena itu menjadi salah satu ikon dan wadah untuk bisa meningkatkan nama daerah di kancah lokal, nasional, bahkan internasional.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (kanan depan) dan Bupati Buton, La Bakry (kiri depan), saat mengecek lahan pembangunan GOR lapangan olahraga demi mewujudkan peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Buton. Foto: Ist.

 

"Tentunya peningkatan prestasi di bidang olahraga selalu menjadi sebuah hal prioritas, karena melalui prestasilah daerah bisa dikenal. Untuk itu, di perhelatan Porprov tahun ini, menjadi sebuah momentum bagi Kabupaten Buton, untuk bisa meraih prestasi dengan baik, terlebih kami sebagai tuan rumah," ungkapnya.

Baca Juga: Ikut Gerak Jalan, Pers Mitra Kejari Muna Tampilkan Variasi Liputan

Dengan penuh harapan, perhelatan Porprov tahun ini, diharapakan mampu menjadi dasar melahirkan berbagai atlet-atlet hebat,  nantinya akan menjadi atlet nasional yang mampu mengukir prestasi di kancah internasional.

Untuk itu, berbagai sarana dan prasarana terus digenjot mulai dari penyedia lapangan in door dan out door dari berbagai Cabor terus dimaksimalkan sejak awal, serta pembinaan yang dilakukan dengan baik. Menjadi sebuah pondasi yang kuat, dalam melahirkan atlet-atlet bertalenta.

"Kita harapakan olahraga prestasi ini ke depan akan menjadi olahraga profesional. Bukan hanya pada olahraga unggulan saja, seperti dayung tetapi juga olahraga lain tinju, futsal dan Cabor lain. Itu bisa menjadi olahraga profesional. Dan Porprov menjadi sebuah event yang penting, untuk melihat sejauh mana, atlet-atlet Kabupaten Buton ini berbicara," jelasnya.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (tengah barisan kedua) dan didampingi oleh pemerintah Kabupaten Buton, saat mengecek lahan pembangunan GOR lapangan olahraga demi mewujudkan peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Buton. Foto: Ist.

 

Dirinya berharap, Kabupaten Buton ke depan akan mampu melahirkan atlet yang berprestasi di kancah internasional. Artinya bakal ada sosok seperti Apriyani Rahayu di tanah Buton. Untuk itu, pembinaan dan pengembangan fasilitas olahraga menjadi sebuah kunci utama untuk melahirkan prestasi.

Senada, Kadispora Buton, Abdul Z Napa mengatakan, pengembangan prestasi memang tengah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Buton, selain untuk menyambut perhelatan Porprov Sulawesi Tenggara 2022. Juga untuk membina para atlet menjadi profesional.

Baca Juga: Lepas Peserta Gerak Jalan, KSK: Jadikan Semangat Ini untuk Perubahan Konawe Maju dan Gemilang

"Selama kurang lebih sekitar dua tahun saya menjabat sebagai Kadispora Buton, sudah banyak lapangan olahraga yang saya buat. Ini semua demi melahirkan atlet unggul dan berkualitas, karena cikal bakal lahirnya atlet berprestasi, dilandasi dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, dan itulah yang kita lakukan sekarang," jelasnya.

Lanjut dia, terkait pembinaan atlet, ia mengaku, sudah melakukan semaksimal mungkin, demi menyambut perhelatan Porprov 2022. Karena target Kabupaten Buton adalah menjadi juara umum di perhelatan olahraga tersebut.

"Kita target menjadi juara umum, untuk itu pembinaan dan pelatihan terus dilakukan dengan sangat baik kepada para atlet yang akan berlaga. Namun perhelatan Porprov ini, hanya bakal menjadi sebuah awal, dalam membina dan melahirkan atlet yang berkualitas. Untuk menuju perhelatan olahraga yang lebih tinggi lagi, yaitu PON 2024. Dan saya yakin, atlet Kabupaten Buton bakal ada yang mewakili Sultra di ajang PON dua tahun ke depan," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga