Turis Ekspedisi Budaya Kota Tua Bakal Kunjungi Baubau

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 17 Desember 2022
0 dilihat
Turis Ekspedisi Budaya Kota Tua Bakal Kunjungi Baubau
Benteng Keraton Buton yang berada di Kota Baubau, tempat penyambutan turis manca negara dalam rangka ekspedisi budaya kota dagang tertua. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Dengan menggunakan kapal pesiar, puluhan turis dari manca negara rencananya akan berkunjung ke Baubau, Minggu (18/12/2022) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Dengan menggunakan kapal pesiar, puluhan turis dari manca negara rencananya akan berkunjung ke Baubau, Minggu (18/12/2022).

Kunjungan tersebut adalah dalam rangka ekspedisi budaya kota dagang tertua sekaligus juga melihat keunikan budaya Buton.

Lukman, S.H., koordinator tour guide dari kunjungan tersebut mengatakan bahwa turis berasal dari negara Australia, New Zealand, dan beberapa negara lainnya.

"Jam 6 besok sebanyak kurang lebih 77 turis akan tiba di Baubau dengan kunjungan direncanakan selama 6 jam," tutur Lukman ketika dikonfirmasi Telisik.id melalui sambungan telepon, Sabtu (17/12/2022).

Para turis rencananya akan melihat pasar rakyat khususnya pasar Wameo. Rombongan juga akan menuju kampung tenun Sulaa untuk melihat proses pembuatan tenunan sarung dan kemudian akan disambut oleh Wali Kota Baubau Laode Ahmad Monianse di Baruga Benteng Keraton Buton dengan acara adat khas Buton.

Baca Juga: Dua Penderita Gangguan Jiwa yang Dipasung di Buton Utara Dibebaskan

Kunjungan bertajuk Coral Expeditions Cruise berlangsung setiap 5 tahun dan Kota Baubau masuk dalam rute ekspedisi itu di Indoensia.

Adapun Coral Expeditions Cruise dipelopori oleh Indonesia-Australia Cruise Tour Operator yang merupakan tindak lanjut komitmen peserta forum bisnis pariwisata beberapa tahun silam yang dilaksanakan di Kendari.

Baubau bukan satu-satunya yang dikunjungi. Ada 8 pelabuhan dan 6 pulau yang dikunjungi dalam ekspedisi tersebut.

Baca Juga: Stok Pangan Diperkirakan Aman Jelang Nataru

Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si. melalui pesan WhatsApp mengatakan, dia mengapresiasi inisiatif travel agency atas difasilitasinya para turis untuk berkunjung ke Kota Baubau.

Para turis dapat menikmati panorama dan kehidupan sosial budaya masyarakat serta peninggalan sejarah masa lalu yang ada di Kota Baubau.

"Kita berharap kunjungan ini memberi kenangan ketika mereka kembali ke negaranya serta memberi dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kota Baubau," tuturnya. (B)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga