Rusia dan Ukraina Lakukan Negosiasi Kedua, Ini Hasilnya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 04 Maret 2022
0 dilihat
Rusia dan Ukraina Lakukan Negosiasi Kedua, Ini Hasilnya
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Foto: Repro Beritasatu

" Ukraina dan Rusia sepakat membuat koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil "

MOSKOW, TELISIK.ID - Rusia dan Ukraina telah selesai menggelar negosiasi kedua di tengah perang yang masih berlangsung.

Dilansir dari detik.com, Ukraina dan Rusia sepakat membuat koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil.

Pihak Ukraina mengatakan, perundingan putaran kedua dengan Rusia telah berakhir tanpa hasil apa pun yang dibutuhkan Ukraina.

"Pembicaraan putaran kedua telah berakhir. Sayangnya, Ukraina belum memiliki hasil yang dibutuhkan. Yang ada hanya keputusan tentang organisasi koridor kemanusiaan," kata Penasihat Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak di Twitter.

Pembicaraan antara pejabat Rusia dan Ukraina berlangsung di perbatasan Polandia-Belarus pada hari kedelapan invasi Rusia ke Ukraina. Negosiator Rusia menegaskan kedua pihak sepakat untuk menciptakan jalan keluar bagi warga sipil.

Baca Juga: Tandatangani Dekrit Bebas Visa, Presiden Ukraina Kini Bebaskan Pejuang Asing Masuk

"Pertanyaan utama yang kami putuskan hari ini adalah masalah menyelamatkan orang, warga sipil, yang berada di zona bentrokan militer," kata perunding utama Rusia dan mantan Menteri Kebudayaan Vladimir Medinsky.

"Rusia menyerukan warga sipil yang berada dalam situasi ini, jika aksi militer berlanjut, untuk menggunakan koridor kemanusiaan ini," katanya.

Baca Juga: Dibombardir Rusia, Presiden Ukraina Minta Bantuan Orang Yahudi di Seluruh Dunia

Melansir CNNIndonesia.com, negosiasi kedua negara ini terjadi ketika Ukraina terus berada dalam tekanan menyusul gempuran militer Rusia yang semakin menggila di hari kedelapan invasi berlangsung.

Rusia kembali menggempur sejumlah kota Ukraina, terutama di selatan negara eks Uni Soviet itu. Presiden Vladimir Putin bahkan bersumpah akan terus melancarkan invasi ke Ukraina tanpa kompromi.

Rusia sejauh ini juga telah menguasai Kherson per hari ini. Kherson merupakan salah satu kota penting di Ukraina yang memegang peran strategis. Kota ini berada di jalur masuk dari Laut Hitam dengan populasi hampir 300 ribu jiwa. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga