Soal Squid Game, Netflix Digugat Rp 328 Miliar hingga Jung Ho Yeon Tak Ambil Pusing

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 07 Oktober 2021
0 dilihat
Soal Squid Game, Netflix Digugat Rp 328 Miliar hingga Jung Ho Yeon Tak Ambil Pusing
Squid Game digugat 328 miliar. Foto: Repro Netflix

" Serial yang dimainkan oleh aktor Lee Jung-jae ini pun telah mencatat rekor baru Netflix dengan menjadi nomor 1 dalam daftar tontonan terpopuler di 83 negara "

SEOUL, TELISIK.ID - Squid Game merupakan serial drama korea (drakor) dari Netflix yang sedang viral dan mendapat banyak perhatian warganet di seluruh dunia.

Serial yang dimainkan oleh aktor Lee Jung-jae ini pun telah mencatat rekor baru Netflix dengan menjadi nomor 1 dalam daftar tontonan terpopuler di 83 negara.

Meski begitu, salah satu provider internet korsel (Korea Selatan) dikabarkan telah melayangkan gugatan terhadap Netflix.

SK Broadband sebagai penyedia layanan internet menuntut Netflix agar membayar biaya traffic yang digunakan karena kepopuleran serial yang ada di platformnya, termasuk Squid Game.

Dilansir dari Reuters, perusahaan tersebut meminta Netflix membiayai ISP jaringan yang sudah dipakai.

Lebih lanjut, SK Broadband mengaku bahwa pihaknya telah mencatat traffic Netflix yang meningkat cukup pesat.

Dikatakan kalau lonjakan traffic tersebut awalnya berada di angka 50 gigabit per detik di bulan Mei 2018.

Namun sekarang Netflix dikatakan telah menggunakan sekitar 1.200 gigabit per detik selama September 2021.

Provider internet itu pun menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh Netflix tidak sesuai dengan sejumlah perusahaan lain seperti Facebook, Amazon, dan Apple.

Langkah Netflix yang belum membayarkan biaya traffic kepada provider internet pun dikatakan telah menuai kritik lain dari regulator di Korea Selatan.

Balas Dendam Terhadap Netflix?

Gugatan yang dilayangkan SK Broadband pun dinilai sebagai balasan terhadap Netflix.

Pasalnya penyedia layanan streaming film itu pernah menuntut SK Broadband karena merasa tidak perlu membayar biaya penggunaan jaringan pada tahun lalu.

Pihak Netflix mengatakan kalau kewajiban pihaknya hanya membuat konten yang bisa dikses oleh konsumen, dikutip dari Reuters.

Namun pada gugatan tersebut, Pengadilan Distrik Seoul memutuskan bahwa SK Broadband juga berhak mendapat sesuatu imbalan dari Netflix karena telah menyediakan layanan internet.

Dan Netflix dikabarkan sedang melakukan banding dan persidangan gugatan itu akan kembali berlangsung pada bulan Desember mendatang.

Laporan Reuters menyebut bahwa SK Broadband memprediksi bahwa biaya penggunaan jaringan yang harus ditanggung Netflix akan sangat besar.

Setidaknya Netflix harus membayar sekitar 27,2 miliar Won kepada SK Broadband. Jika dikonfersi ke dalam Rupiah, maka angka tersebut setara dengan Rp 328 miliar.

Dilansir Cnnindonesia, model sekaligus aktris Jung Ho-yeon yang memerankan Kang Sae-byok dalam serial Squid Game mengaku tidak ambil pusing soal popularitas yang ia dapat berkat kesuksesan serial tersebut.

"Saya mencoba untuk tidak terlalu memikirkan kesuksesan Squid Game. Untuk para penggemar, saya rasa yang terbaik adalah menunjukkan peningkatan Jung Ho-yeon sebagai aktor, dalam karya sata selanjutnya," kata Ho-yeon sebagaimana dilansir The Korea Herald.

Ia mengaku terhormat dan berterima kasih kepada penonton yang menyukai penampilannya dalam Squid Game. Namun, Ho-yeon juga menyadari bahwa banyak pekerjaan rumah dan pelajaran yang harus dilakukan demi menjadi aktris yang lebih baik.

Baca Juga: Tak Sampai 24 Jam WhatsApp dan Instagram Down, Mark Zuckerberg Sudah Rugi Rp 99,5 Triliun

Baca Juga: Gambar Kartun Nabi Muhammad, Pria Ini Tewas Kecelakaan

Aktris 27 tahun tersebut mengingat bahwa ia sempat ragu akan kemampuannya berakting setelah lolos audisi. Karakter Kang Sae-byok dikisahkan sebagai pembelot Korea Utara yang menetap di Korea Selatan.

Kemudian pada awal Syuting Ho-yeon meminta bertemu dengan sutradara Hwang Dong-hyuk. Ia merasa ingin mendapat afirmasi dari sang sutradara bahwa dirinya benar-benar cocok untuk memerankan Sae-byok.

"Dengan saran Hwang dan dukungan aktor senior, saya berhasil menyelesaikan peran saya dalam Squid Game," katanya.

Ho-yeon mendadak populer setelah tampil sebagai salah satu karakter utama dalam Squid Game. Pengikut atau follower Instagram pribadi Ho-yeon melesat dari 400 ribu menjadi 14,4 juta dalam waktu kurang dari tiga pekan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga