Kupas Politisi: Rutin Olahraga hingga Berendam di Kali Biru Cara Nekwan Tangkal COVID-19

Musdar, telisik indonesia
Senin, 25 Januari 2021
0 dilihat
Kupas Politisi: Rutin Olahraga hingga Berendam di Kali Biru Cara Nekwan Tangkal COVID-19
Ketua DPD Perindo Kendari, Nekwan. Foto: Musdar/Telisik

" Ini biasa saya lakukan selama pandemi untuk menjaga kebugaran tubuh. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejak pandemi masuk di Indonesia setiap orang telah banyak melakukan langkah pencegahan yang utama.

Pemerintah pun sejak awal mengedukasi masyarakat bagaimana penularan bisa terjadi. Dijelaskan, COVID-19 menular lewat dua cara. Pertama adalah penularan langsung yakni melalui droplet dari orang sakit yang terhirup orang lain di sekitarnya.

Sedangkan cara penularan yang kedua adalah secara tidak langsung. Ini terjadi saat droplet tumpah dan menempel ke permukaan benda sehari-hari. Jika tanpa sengaja tangan menyentuh permukaan yang tercemar dan kemudian memegang wajah, maka risiko penularan akan sangat besar.

Guna mencegah terjadinya penularan, masyarakat diedukasi disiplin menerapkan perilaku 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selain itu masyarakat diimbau menjaga daya tahan tubuh.

Namun, ada sebagian orang rupanya memiliki cara tersendiri untuk menangkal virus corona yang dipercaya ampuh. Tidak hanya mereka yang bergelut di bidang kesehatan, politisi pun tak mau ketinggalan.

Ditemui Telisik.id, Ketua DPD Perindo Kota Kendari, Nekwan berbagi informasi bagaimana cara ia menangkal virus corona.

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama pandemi, selain mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi, mengelola stres dengan baik, berisitirahat yang cukup, Nekwan selalu menyempatkan waktu setiap hari untuk berolahraga.

Baca juga: Lukman Abunawas Nilai Ulama dan Pemerintah Harus Sinkron

Olahraga yang dipilihnya pun tergolong ringan, mulai dari lari-lari kecil senam pada Sabtu-Minggu hingga bersepeda 30 menit keliling kompleks.

"Ini biasa saya lakukan selama pandemi untuk menjaga kebugaran tubuh," kata Nekwan.

Cara lain, politisi yang bertekad maju di Pilwali Kendari sering berendam di Kali Biru. Wisata alam Kali Biru selain menjadi tempat refreshing diakhir pekan Kali Biru yang terletak di kawasan perusahaan PT Pelindo IV Persero Kendari dipercaya sebagai tempat terapis.

Nekwan yang populer dengan taglinenya "Nekat Melawan" ini berendam tiap hari Minggu pagi. Menurutnya, berendam di Kali Biru sangat baik untuk kesehatan, termasuk menangkal COVID-19.

"Berendam 1-2 jam baru pulang dan alhamdulillah selama pandemi ini, mudah-mudahan kita tidak minta-minta, kita juga belum pernah tertular," ungkapnya.

Kendati sudah punya cara sendiri yang dipercayai jitu menangkal COVID-19, Nekwan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga perilaku 3M. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga