Salah Satu Bukti Prestasi Mubar Mampu Hadirkan Perguruan Tinggi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 31 Maret 2022
0 dilihat
Salah Satu Bukti Prestasi Mubar Mampu Hadirkan Perguruan Tinggi
Sekda Mubar sekaligus Ketua Umum BPH ITBK Muhammadiyah Muna Barat saat menandatangani SK Izin Pendirian ITBK Muhammadiyah Mubar dan disaksikan oleh Bupati Muna Barat serta Kepala LLDikti wilayah IX Sultan Batara. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Berdirinya perguruan tinggi pertama di Kabupaten Muna Barat ini, akan menjadi sarana pengembangan manusia di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Prestasi Muna Barat (Mubar) yang belum lama mekar menjadi salah satu kabupaten, yaitu telah berhasil dalam mendirikan perguruan tinggi, yakni Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan (ITBK) Muhammadiyah.

Berdirinya perguruan tinggi pertama di Kabupaten Muna Barat ini, akan menjadi sarana pengembangan manusia di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bagai pucuk dicinta ulangpun tiba, ITBK Muhammadiyah Mubar telah lama dinantikan kehadirannya oleh segenap masyarakat wilayah pulau Muna, pasalnya rata-rata perguruan tinggi yang ada, keberadaannya jauh di luar pulau Muna.

Di mana, di pulau Muna sendiri terdapat 3 wilayah kabupaten, yakni Muna, Muna Barat, serta Buton Tengah. Setiap tahunnya siswa dan siswi yang menamatkan sekolah dituntut harus keluar pulau untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Kemudian ada beberapa unit Sekolah Menengah Atas (SMA), di mana untuk Kabupaten Muna terdapat 6 unit SMA, baik negeri maupun swasta, di Kabupaten Buton Tengah terdapat 18 unit SMA negeri maupun swasta, serta di Kabupaten Muna Barat terdapat 24 unit SMA, baik kejuruan maupun swasta yang menghasilkan ribuan tamatan setiap tahunnya.

Dalam surat keputusan izin pendirian ITBK Muhammadiyah Mubar yang diselenggarakan oleh perserikatan Muhammadiyah yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) No. AHU-88.AU.01.07.2010 tanggal 23/Juni/2010 memberikan izin pembukaan program studi sistem dan teknologi program studi sarjana.

Baca Juga: Muna Barat Punya Kampus, Namanya ITBK Muhammadiyah

Sebagaimana diktum Ke 1 ITBK Muhammadiyah Mubar, menyelenggarakan program studi sarjana meliputi teknik sipil, administrasi kesehatan, serta kewirausahaan.

Ketua Umum BPH ITBK Muna Barat, Husein Tali menuturkan, setelah izin beroperasi, akan dilakukan penerimaan mahasiswa baru agar dilakukan kegiatan perkuliahan, di mana pelatarannya yaitu masih memakai Madrasah Aliyah Ash-shidiq di Wandoke, Kambara.

Untuk bangunan fisik belum ada namun desainnya telah ada, kemudian pemilihan rektor dan rektor pembantu, kemudian anggarannya dari pemerintah daerah yang bersifat transparan APBD serta hibahan dari beberapa pihak.

"Pelatarannya di Madrasah Aliyah Ash-shidiq, dan masih banyak yang menawarkan tanah untuk dihibah, yakni dekat kantor camat Barangka, kemudian pak Rajiun juga bersedia hibahkan tanahnya," tuturnya, Kamis, (31/3/2022).

Bupati Mubar, Achmad Lamank mengungkapkan, dengan adanya perguruan tinggi mampu memberikan kemakmuran pada daerah, dapat meningkatkan pula pertumbuhan ekonomi dan menstabiltasi melalui perguruan tinggi.

Baca Juga: Papua Segera Miliki Kampus Seperti Harvard University

"Harus dikelola dengan sebaik-baiknya secara profesional, agar nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah ini," ucap Achmad Lamani.

Diharapkan juga dengan berdirinya ITBK Muhammadiyah Mubar mampu menyerap tamatan SMA maupun kejuruan pada kabupaten yang ada di pulau Muna.

"Dapat menjadi ujung tombak pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan mumpuni, serta mampu menghadirkan kader-kader handal yang akan mengharumkan nama bangsa dan negara," tutur Kapores Muna, AKBP Mulkaifin.

Maka diterbitkannya SK Kemendikbud riset dan teknologi tentang perizinan ITBK Muhammadiyah Muna Barat, tak lepas dari doa dan kerja keras semua pihak dalam menyukseskan berdirinya perguruan tinggi ini. (A)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga