Sambangi Buton Selatan, Balon Gubernur Sultra Jurni Janjikan Listrik 24 Jam di Pulau Sioumpu

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 28 Juni 2024
0 dilihat
Sambangi Buton Selatan, Balon Gubernur Sultra Jurni Janjikan Listrik 24 Jam di Pulau Sioumpu
Jurni bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara dalam kunjungan di Desa Nggula-nggula, Kecamatan Sioumpu, Kabupaten Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Balon Gubernur Sulawesi Tenggara, Jurni janjikan pemerataan aliran listrik sudah 24 jam di Pulau Sioumpu. Hal itu disampaikan saat ia menyambangi Kabupaten Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Balon Gubernur Sulawesi Tenggara, Jurni janjikan pemerataan aliran listrik sudah 24 jam di Pulau Sioumpu. Hal itu disampaikan saat ia menyambangi Kabupaten Buton Selatan.

Jurni mengatakan, masyarakat khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Buton Selatan masih belum sepenuhnya merdeka. Pasalnya, di era yang sudah serba digitalisasi ini masih saja didapati daerah yang masyarakatnya belum menikmati aliran listrik secara menyeluruh.

Misalnya saja, di Kecamatan Sioumpu dan Kecamatan Sioumpu Barat yang sampai hari ini masyarakatnya hanya dapat merasakan aliran listrik selama 6 jam hingga 12 jam dalam satu hari.

Baca Juga: Dinilai Tidak Transparan, Kader PMII Desak PKC PMII Sultra Bubarkan Badan Pekerja Konfercab

Hal ini menunjukkan masih ada kesenjangan di kalangan masyarakat Pulau Sioumpu. Jurni mengatakan, hal tersebut sudah seharusnya menjadi perhatian bagi seorang pemimpin.

Hanya saja, acap kali masih kurangnya keberpihakan seorang pemimpin terhadap masyarakatnya sendiri. Sehingga memicu ketimpangan di lingkungan sosial masyarakat, khususnya yang ada di Pulau Sioumpu.

Menurut dia, suatu daerah harus ada yang menjadi prioritas yang sifatnya mendukung kehidupan masyarakat. Misalnya persoalan listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yang mana belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat di Pulau Sioumpu.

Jurni juga menegaskan, kalau berbicara tentang kesenjangan ekonomi tanpa ada campur tangan pemerintah, masyarakat sudah dapat mandiri dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Akan tetapi kata dia, yang perlu digaris bawahi adalah persoalan yang bersifat mendukung kebutuhan masyarakat, misalnya aliran listrik untuk masyarakat di Pulau Sioumpu. Dimana bukan hanya saja menjadi tanggung jawab bupati, namun gubernur juga dapat mengambil tindak lanjut didalamnya sebagai bentuk kepedulian terhadap keresahan masyarakat.

Untuk itu, pada pertemuannya dengan masyarakat Pulau Sioumpu yang bertempat di Desa Nggula-nggula itu, ia berjanji bahwa pada tahun 2025 apabila dirinya terpilih menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara aliran listrik di Pulau Sioumpu sudah harus 24 jam.

Baca Juga: Vakum 12 Tahun, Tambang Nikel Buton Kembali Beroperasi

Dimana membutuhkan anggaran sekitar Rp 50 Milyar untuk merealisasikan janjinya tersebut. Pada kesempatan itu, ia menyebutkan bukan hanya Pulau Sioumpu yang akan dijadikan prioritas pemerataan aliran listrik menjadi 24 jam. Namun, wilayah kepulauan lainnya seperti Pulau Batu Atas yang sampai saat ini masyarakatnya belum merasakan aliran listrik sama sekali.

Masyarakat di wilayah tersebut masih mengandalkan panel tenaga surya dan mesin genset sebagai sumber aliran listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga warga setempat.

"Pada perubahan anggaran, tahun 2025 listrik di Pulau Sioumpu sudah harus 24 jam," ungkapnya, Jum'at (28/6/2024). (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga