Sambut Tahun 2024, 500 Drone Bentuk Konfigurasi Garuda di Bundaran HI, Monas Pesta Kembang Api dan Permainan Tata Cahaya

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 01 Januari 2024
0 dilihat
Sambut Tahun 2024, 500 Drone Bentuk Konfigurasi Garuda di Bundaran HI, Monas Pesta Kembang Api dan Permainan Tata Cahaya
Ratusan ribu warga memadati Lapangan Monas, Jakarta, merayakan Tahun Baru 2024 pada Senin (1/1/2024) dini hari. Foto: Mustaqim/Telisik

" Perayaan pergantian tahun dipusatkan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, bertema 'Malam Muda Mudi, Jakarta Kota Global' dan dilaksanakan di sepanjang Jalan MH Thamrin sampai Jalan Jenderal Sudirman "

JAKARTA, TELISIK.ID – Tiga lokasi di Jakarta dipadati warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk merayakan Tahun Baru 2024 pada Minggu (31/12/2023) malam. Ketiga lokasi itu adalah di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Lapangan Monumen Nasional (Monas), dan Taman Impian Jaya Ancol.

Perayaan pergantian tahun dipusatkan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Perayaan Malam Tahun Baru 2024 ini bertema 'Malam Muda Mudi, Jakarta Kota Global' dan dilaksanakan di sepanjang Jalan MH Thamrin sampai Jalan Jenderal Sudirman. Dua jalan ini ditutup bagi kendaraan mulai pukul 19:00 WIB hingga Senin (1/1/2024) pukul 01:00 WIB.  

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, turut hadir di panggung sekitar Bundaran HI. Dia menyampaikan selamat Tahun Baru 2024 kepada seluruh masyarakat yang hadir.

“Bersama seluruh elemen masyarakat kita perkuat sinergi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama menjelang pelaksanaan pesta demokrasi (Pemilu) tahun 2024,” seru Heru dari atas panggung utama.

Heru berharap momentum Tahun Baru 2024 dapat membawa kebahagiaan, kesuksesan, dan kemakmuran serta menjadi perekat kebersamaan warga Jakarta.

“Sekali lagi selamat menikmati seluruh rangkaian malam muda mudi di Jakarta Kota Global. Jadikan momen ini sebagai perekatan kebersamaan masyarakat Jakarta yang heterogen,” harapnya.

Ratusan ribu warga memadati Bundaran HI. Mereka sebelumnya sudah diimbau tidak boleh membuang sampah sembarangan, membawa senjata dan obat-obatan terlarang, membawa hewan peliharaan, menyerukan ujaran kebencian, rasisme, kegiatan politik atau kampanye, serta dilarang melakukan vandalisme.

Baca Juga: Pergantian Tahun 2023, Arab Saudi Diselimuti Salju

Kepolisian pun telah menegaskan melarang menggunakan petasan, kecuali kembang api masih diperbolehkan namun harus memiliki izin.

“Kami sampaikan bahwa petasan itu dilarang dalam perayaan malam Tahun Baru. Yang diizinkan adalah kembang api, tapi penggunaannya juga harus minta izin karena harus melihat lokasi-lokasi apakah tempat-tempat itu memungkinkan dilaksanakan pesta kembang api,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/12/2023) lalu.

Perayaan malam pergantian Tahun Baru 2024 di kawasan Bundaran HI berlangsung meriah. Saat momentum hitung mundur jelang menuju 2024, dipertunjukkan atraksi 500 drone Kirana. Drone Kirana muncul dan melayang dari arah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ratusan drone Kirana mengawali pertunjukan dengan tampil membentuk garis lurus yang disusul membentuk sebuah burung Garuda sebagai lambang negara Indonesia.

Kemudian ratusan drone Kirana ini membentuk konfigurasi Gatot Kaca, salah satu tokoh yang terkenal perkasa dalam cerita wayang budaya Indonesia. Konfigurasi terakhir drone Kirana membentuk tulisan ‘happy new years 2024’.

Tepat pukul 00:00 WIB bersamaan masuknya Tahun 2024, tidak hanya di Bundaran HI, langit Jakarta terlihat menyala oleh letusan kembang api yang saling memercik dari berbagai lokasi.  

Selain di Bundaran HI, ratusan ribu warga juga memadati Lapangan Monas untuk merayakan malam pergantian tahun. Di lokasi ini warga sudah berdatangan sejak Minggu sore agar bisa memarkirkan kendaraannya lebih dekat dari Lapangan Monas.

Area parkir sepeda motor dan mobil di Stasiun Gambir yang bersebelahan dengan Lapangan Monas pun penuh dengan kendaraan milik warga. Akibatnya, persimpangan Jalan Medan Merdeka Selatan dan Medan Merdeka Timur, yang berada persis di sudut Kedutaan Besar Amerika Serikat, menjadi area parkir dadakan yang disesaki oleh sepeda motor.

Jalan Medan Merdeka Timur yang tidak dilakukan penutupan, dipadati kendaraan dari dua arah sehingga kemacetan sulit dihindari.  

Saat memasuki pergantian tahun, Lapangan Monas seketika riuh oleh suara kembang api dan sorak warga yang menyaksikannya. Kembang api dilontarkan ke langit dari berbagai sudut disertai permainan tata cahaya yang ditampilkan ke tubuh Monas hingga memaksa warga mengabadikan pertunjukan itu lewat ponsel.

Baca Juga: Ini Rekayasa Pengalihan Arus Lalu Lintas Malam Pergantian Tahun di Kota Kendari

“Sangat menarik dan puas menyaksikan dentuman kembang api, apalagi ditunjang dengan permainan tata cahaya yang disorot ke Monas,” ujar Sari (50), warga Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, yang ikut merayakan pergantian tahun bersama suami.

Lokasi lain yang juga dipadati warga merayakan malam Tahun Baru 2024 adalah Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara. Lokasi ini turut dimeriahkan dengan pesta kembang api yang dikonsentrasikan di Pantai Lagoon. Tepat pukul 00:00 WIB kembang api diluncurkan dari tanggul yang berada di tengah laut.

Saat perayaan malam Tahun Baru 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter mengoperasikan 24 perjalanan tambahan kereta rel listrik (KRL) commuter line di wilayah Jabodetabek. KRL commuter line beroperasi hingga Senin, 1 Januari 2024, pukul 03:00 WIB.

“Untuk lintas Bogor, KAI Commuter mengoperasikan perjalanan tambahan sebanyak delapan perjalanan,” ujar Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Jumat (29/12/2023).

Sementara pada jalur lintas Bekasi dioperasikan enam perjalanan tambahan. Kemudian pada relasi Rangkasbitung serta Tanjung Priok ditambah masing-masing empat perjalanan, dan lintas Tangerang dua perjalanan tambahan. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga