Sampah Potongan Batang Pohon Kerap Dibuang ke Median Jalan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 01 April 2021
0 dilihat
Sampah Potongan Batang Pohon Kerap Dibuang ke Median Jalan
Sampah potongan batang pohon yang dibuang di median jalan. Foto: Ist.

" Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kendari sering mendapati warga yang membuang sisa potongan pohon di median jalan. "

KENDARI, TELISIK.ID – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari sering mendapati warga yang membuang sisa potongan pohon di median jalan.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kota Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, seringkali pihaknya mengeluh, karena ada saja orang yang membuah sampah seperti sisa batang pohon di median jalan.

Dimana, pihaknya mendapati potongan pohon kelapa yang dibuang begitu saja di median jalan, seperti yang terjadi di median jalan yang ada di Jalan Ahmad Dahlan, Kota Kendari.

“Sering ada yang buang sampah di median jalan. Nah, kemarin itu ada yang buang sisa potongan pohon kelapa di median jalan Ahmad Dahlan,” katanya kepada Telisik.id saat dihubungi melalui sambungan telepon, belum lama ini.

Baca juga: Optimalkan Pemberdayaan Keluarga, Warga Bentuk Bank Sampah

Baca juga: RW dan RT Diminta Aktif Dorong Warga Menabung di Bank Sampah

Setelah mendapat informasi ada warga yang buang sisa potongan batang pohon kelapa itu, pihaknya langsung ke lokasi tersebut dan segera membersihkannya.

“Kami juga tidak tahu kapan mereka buang itu, tapi paginya langsung kami angkut potongan batang pohon kepala itu,” tambahnya.

Selain itu, ia mengaku pihaknya meyiapkan satu hari dalam seminggu untuk merawat median jalan dan RTH lainnya.

“Kita di Bidang Tata Lingkungan khusus RTH,  dalam 1 minggu memang ada waktu yang kita sisipkan untuk melaksanakan bakti dengan melibatkan seluruh unit," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, pihaknya seringkali turun ke lapangan untuk memastikan lingkungan masyarakat bisa terjadi kebersihannya.

“Sering kita langsung kerja bakti di jalan, seperti di perbatasan gerbang Kota Kendari dan Konawe Selatan,” pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga