RW dan RT Diminta Aktif Dorong Warga Menabung di Bank Sampah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 25 Juli 2021
0 dilihat
RW dan RT Diminta Aktif Dorong Warga Menabung di Bank Sampah
Sejumlah warga Kelurahan Puuwatu saat menabung sampahnya di Bank Sampah Al Faizin. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Pemerintah daerah hingga di tingkat Rukun Warga dan Rukun Tetangga diharapkan aktif mendorong warganya dalam mengolah sampah, khususnya membawa sampahnya ke bank sampah. "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah daerah hingga di tingkat Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) diharapkan aktif mendorong warganya dalam mengolah sampah, khususnya membawa sampahnya ke bank sampah.

Hal tersebut diungkapkan Pengurus Bank Sampah Al Faizin Kelurahan Puuwatu, Andi Munahida. Menurutnya, salah satu kesulitan dalam mengelola bank sampah yaitu membangun kesadaran masyarakat untuk membawa sampah rumah tangganya ke bank sampah.

“Kesulitan bank sampah ini yaitu mengajak atau membangun kesadaran masyarakat untuk membawa sampahnya. Mungkin saja mereka belum terpanggil,” katanya kepada Telisik.id belum lama ini.

Olehnya itu, ia berharap, pihak pemerintah khususnya di tingkat RT dan RW bisa terlibat dalam mendorong masyarakat setempat untuk mau tergerak menabung atau membawa sampahnya ke bank sampah.

Baca juga: Mengolah Sampah di Rumah, Bentuk Peduli Lingkungan

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Sampah Botol Plastik Jadi Tempat Menanam Sayur dan Bunga

“Kami harap RT RW ada komitmen untuk mendorong warganya terlibat aktif dalam menabung sampah. Bisa dengan membuat jadwal setiap warga, namun harus komitmen dalam menjalankan jadwal itu, dimana jadwal penimbangan itu pada hari Sabtu. Jadi biar seberapa saja yang dibawa, yang jelas konsisten bawa sampahnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat aktif bersama-sama menjaga lingkungan dari sampah yang berserakan.

Dalam menjaga kebersihan kota dari sampah kata dia, sebenarnya bukan hanya tugas dari pemerintah saja, tetapi seluruh pihak, mulai dari camat, lurah, RW, RT hingga masyarakat itu sendiri.

“Kebersihan kota merupakan tugas dari kita semua, bukan hanya pemerintah tapi juga masyarakat, mulai dari tingkat bawah sampai atas. Makanya kita memberdayakan masyarakat dalam mengelola sampah,” katanya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga