Sanggar Seni Wakante, Wadah Budaya Lokal Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 06 November 2022
0 dilihat
Sanggar Seni Wakante, Wadah Budaya Lokal Muna Barat
Peresmian Sanggar Seni Wakante oleh Penjabat Bupati Muna Barat. Sanggar seni ini diharapkan menjadi wadah bagi generasi muda dalam melestarikan budaya lokal. Foto: Ist.

" Sanggar Seni Wakante yang baru saja terbentuk, diharapkan menjadi wadah bagi penggali budaya lokal yang ada di Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sanggar Seni Wakante yang baru saja terbentuk, diharapkan menjadi wadah bagi penggali budaya lokal yang ada di Kabupaten Muna Barat.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, sanggar seni ini harus dapat menghidupkan atau menggali budaya-budaya lokal yang ada di Muna Barat. Budaya lokal perlu dilestarikan agar tak hilang di tengah kemajuan teknologi saat ini.

"Melestarikan dan menghargai budaya serta adat lokal adalah indikator tumbuh dan berkembangnya bangsa dan daerah," ungkapnya, Minggu (6/11/2022).

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Rumah Warga di Bombana Rusak Akibat Angin Puting Beliung

Dikatakan, budaya dan kesenian masyarakat lokal perlu ditumbuhkembangkan serta dilestarikan oleh para generasi muda. Generasi muda bisa menjadikan Sanggar Seni Wakante sebagai ajang kebudayaan di lingkungan sekitar guna memperkaya kesenian daerah melalui inovasi tari lokal dan tari kreasi.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri itu berharap Sanggar Seni Wakante dapat menjadi wadah yang bermanfaat untuk para generasi muda, di mana para remaja sebagai penerus dapat menyalurkan bakat dengan memperkenalkan budaya dan adat lokal Muna Barat.

"Tidak terpengaruh budaya asing, tidak melakukan hal negatif yang dapat merusak generasi muda kita," imbuhnya.

Ia juga berpesan agar dalam mengelola sanggar budaya, semua pengurus harus selalu satu visi. Perlu kerja keras, dan pengelolaannya harus transparan sehingga bisa bertahan lama.

Baca Juga: Bacakades Tiga Desa di Muna Diseleksi Ulang

Sementara itu, Ketua Sanggar Seni Wakante, Siti Karimando mengatakan, sanggar seni ini dibentuk untuk melestarikan budaya lokal agar dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mendidik generasi muda.

"Mendidik generasi muda tentang pentingnya budaya, melatih meningkatkan dan memelihara budaya di Kabupaten Muna Barat," tambahnya.

Dia berharap sanggar budaya ini mendapat dukungan serta pembinaan dari pemerintah dan dinas terkait agar dapat berperan dalam mengembangkan budaya lokal. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga