Sedot Anggaran Rp 12 Miliar Rujab Bupati Kolaka Utara Hampir Kelar

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 01 November 2023
0 dilihat
Sedot Anggaran Rp 12 Miliar Rujab Bupati Kolaka Utara Hampir Kelar
Rujab Bupati Kolaka Utara saat ini tahap finishing dengan menghabiskan anggaran Rp 12 miliar. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Bangunan rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara yang terletak di jalur wisata ByPass Tobaku-Lasusua, tepatnya di Desa Lanipa-nipa, Kecamatan Katoi saat ini memasuki tahap finishing "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bangunan rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara yang terletak di jalur wisata ByPass Tobaku-Lasusua, tepatnya di Desa Lanipa-nipa, Kecamatan Katoi saat ini memasuki tahap finishing.

Rujab bergaya arsitektur klasik ini, dibangun dua tahap sejak tahun 2022 hingga tahun ini dengan menyedot anggaran Rp 12 miliar. Kini bangunnya masuk tahap finishing dan dipastikan kelar di penghujung Desember 2023.

Berbeda dengan rujab bupati, rujab wakil bupati Kolaka Utara yang dibangun berdampingan dengan rujab bupati menelan anggaran Rp 6,7 miliar. Bangunnya dinyatakan kelar sejak tahun lalu, tahun ini sisa pembangunan rumah asisten dan pos jaga.

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kolaka Utara, Nur Faisal, sesuai perencanaan pembangunan rujab bupati dilakukan dua tahap. Tahap kedua, tinggal penyelesaian atas beberapa item yang belum dapat dibenahi di tahap pertama.

Baca Juga: Dikbud Kolaka Utara Siapkan Rp 11,8 Juta Tiap Bulan untuk BPJS Ketenagakerjaan Tenaga Honorer

"Anggaran pembangunan tahap kedua sebesar Rp 3,5 miliar dengan kontraktor yang sama yakni CV Bintang Pembangunan," terangnya, Rabu (1/11/2023).

Sebelumnya, di tahun 2022 Pemda Kolaka Utara telah menggelontorkan anggaran Rp 8.571.627.000 untuk pengerjaan tahap pertama rujab bupati.

"Pembangunan tersebut barengan dengan rujab wakil bupati yang dikerjakan CV Algi Fari. Nilai kontrak Rp 6.707.622.000 dan telah rampung secara keseluruhan tahun lalu," ujarnya.

Kata dia, pekerjaan finishing rujab bupati saat ini mencangkup mobiler, keramik lantai, plafon, pengecetan dan lainnya.

"Prosesnya sementara berjalan. Masa kontrak (pengerjaan) hingga akhir Desember 2023, anggarannya menggunakan APBD," urainya.

Selain finishing Rujab Bupati lanjutnya, tahun ini pihaknya juga membangun rumah asisten wakil bupati dan lanjutan pembangunan talud di sisi belakang rujab bupati dan samping rujab wakil bupati.

"Totalnya anggaran sekitar Rp 4,8 miliar. Termasuk anggaran pembangunan rumah asisten wakil bupati senilai Rp 1,3 miliar," tukasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kolaka Utara, Mukramin menuturkan, bangun utuh rujab bupati sudah kelar dengan nilai kontrak Rp 8.571.627.000 tahun lalu.

Baca Juga: Ini Pesan Pj Bupati di Musyawarah APDESI Cabang Kolaka Utara ke-3

"Tahun ini tinggal tahap finishing atas beberapa item yang belum dapat dibenahi di tahap pertama," tambahnya.  

Bangunan lain yang dipastikan kelar tahun ini yakni pengerjaan kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) serta kantor BKAD dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

"Tahun ini finishing, progresnya sudah 90 persen," tutupnya.

Diketahui, sejak mekar menjadi daerah otonom baru 18 tahun lalu, Kabupaten Kolaka Utara belum juga memiliki rujab untuk bupati dan wakil bupati yang sifatnya permanen. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga