Segel SMAN 1 Marobo Dibuka, Diknas Sultra Ingatkan Tidak Terulang Lagi

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 11 September 2021
0 dilihat
Segel SMAN 1 Marobo Dibuka, Diknas Sultra Ingatkan Tidak Terulang Lagi
Segel SMAN 1 Marobo ketika dibuka. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kepala SMAN 1 Marobo, Muhamad Sawal mengaku, terjadinya perkelahian antar siswa itu merupakan kelalaian dari pihak sekolah. "

MUNA, TELISIK.ID - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Marobo, Kabupaten Muna disegel oleh orang tua siswa. Penyebabnya, lantaran pada saat proses belajar mengajar tak ada satupun guru yang hadir.

Buntutnya, terjadi perkelahian antar siswa di sekolah kala bermain sepak bola di jam pelajaran. Satu siswa menjadi korban pemukulan.

Kepala SMAN 1 Marobo, Muhamad Sawal mengaku, terjadinya perkelahian antar siswa itu merupakan kelalaian dari pihak sekolah. Karenanya, ia bergerak cepat untuk memediasi persoalan tersebut bersama camat, TNI/Polri, Pj kepala desa dan orang tua siswa. Alhasil, telah disepakati pembukaan segel sekolah.

"Segel sudah dibuka. Mulai hari ini (Sabtu) proses belajar mengajar  terbatas mulai berjalan normal," kata Sawal, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga: Resmikan Proyek Bendungan, Warga Koltim Bakal Kedatangan Jokowi

Baca juga: Penumpang Pelni di Baubau Sulit Cari Tempat PCR, Mau Berangkat Harus ke Kendari Dulu

Peristiwa yang terjadi di sekolah itu, akan dijadikan sebagai pembelajaran, sehingga ke depannya tidak terulang kembali.

Aksi penyegelan SMAN 1 Marobo itu ternyata sudah sampai di telinga Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Sultra, Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D.

Melalui, Kabid SMA, La Samahu menekankan pada guru-guru SMA yang ada di Bumi Sowite agar tetap melaksanakan proses belajar mengajar baik secara tatap muka terbatas maupun daring. Ia tak mau lagi mendengar ada sekolah yang gurunya tidak menjalankan tugasnya di sekolah. Karena bila itu terjadi, maka akan ada sanksi yang diberikan.

"Kejadian di SMA 1 Marobo, jangan terulang lagi pada sekolah-sekolah lainnya. Ini semua pembelajaran," tegas mantan Kabid Sarpras SMP Dikbud Muna itu. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga