Ternyata Begini Sejarah Pisang Goreng

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 17 Februari 2023
0 dilihat
Ternyata Begini Sejarah Pisang Goreng
Asal usul pisang goreng berawal dari kebiasaan orang Portugis saat sarapan di Indonesia, makanan ini diadopsi oleh orang Melayu termasuk Indonesia. Foto: Repro Hitekno.com

" Di Indonesia, pisang goreng adalah salah satu kudapan favorit masyarakat yang mudah ditemukan. Namun, pisang goreng bukanlah makanan asli dari Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Pisang goreng dinobatkan sebagai makanan penutup (dessert) terenak di dunia versi Taste Atlas dalam kategori 'best deep fried dessert' dari 50 daftar gorengan makanan penutup terbaik, pisang goreng menempati urutan pertama.

Di Indonesia, pisang goreng adalah salah satu kudapan favorit masyarakat yang mudah ditemukan. Namun, pisang goreng bukanlah makanan asli dari Indonesia.

Dikutip dari Pegipegi.com, pada 1511, asal usul pisang goreng berawal dari kebiasaan orang Portugis saat sarapan di Indonesia. Orang Portugis datang ke kawasan Melayu, mereka  memiliki kebiasaan sarapan dengan pisang yang telah buang kulitnya, dilumuri tepung, dan digoreng. Lalu, makanan ini diadopsi oleh orang Melayu termasuk Indonesia.

Biasanya adonan pisang goreng dilumuri adonan kental yang terbuat dari campuran tepung, telur, sedikit garam, dan gula. Setelah itu, barulah digoreng.

Pisang yang biasanya digunakan adalah pisang kepok karena pisang ini memiliki kadar air yang tidak terlalu banyak dibanding pisang lainnya, sehingga cocok untuk diolah sebagai pisang goreng.

Baca Juga: Dessert Terenak di Dunia Ternyata dari Indonesia

Selain itu, pisang yang digunakan adalah pisang yang tidak terlalu masak. Karena, tingkat kematangan pisang akan memengaruhi cita rasanya.

Melansir Detik.com, Fadly Rahman, sejarawan makanan sekaligus dosen program studi sejarah dan filologi Universitas Padjajaran (Unpad) mengatakan, pisang goreng merupakan makanan dari orang-orang Portugis.

"Kalau sejarahnya dari mana asal-usul pisang di goreng, itu kebiasaan bangsa Eropa khususnya Portugis yang biasa mengolah makanan dengan menggunakan terigu," kata Fadly.

Sehingga, tidak heran jika pisang goreng menjadi makanan yang banyak ditemukan di Indonesia, termasuk negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Baca Juga: Resep Rumahan Cocok Buat Pemula

"Jadi tidak heran kalau di Indonesia, Malaysia, Singapura makanan ini ada, karena memang sejarahnya sudah dikenalkan oleh orang Portugis," ucap Fadly.

Terkait penobatan pisang goreng yang jadi makanan penutup terbaik di dunia versi Taste Atlas, Fadly mengatakan jika semua kembali pada selera. Namun dengan hal itu, menandakan bahwa pisang goreng memang banyak disukai.

Bahkan, pada zaman kolonial Belanda, warga pribumi seringkali menyuguhkan pisang goreng. Menurutnya, orang-orang Belanda juga menyukai kuliner tersebut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga