Sekali Seminggu, KM Sabuk Nusantara 44 Beroperasi Tiap Jumat dari Buton Selatan

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Jumat, 23 Juni 2023
0 dilihat
Sekali Seminggu, KM Sabuk Nusantara 44 Beroperasi Tiap Jumat dari Buton Selatan
Calon penumpang KM Nusantara 44 menunggu kapal sandar di Pelabuhan Bandar Batauga, Buton Selatan. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara telah beroperasi dari Pelabuhan Bandar Batauga, Kabupaten Buton Selatan sejak Januari 2023 "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara telah beroperasi dari Pelabuhan Bandar Batauga, Kabupaten Buton Selatan sejak Januari 2023.

Adapun rute KM Sabuk Nusantara 44, yaitu

Kendari-Wanci-Tomia-Binongko-Batauga-Baubau-Liana Banggai-Talaga-Sikeli-Pomala-Sikeli-Bulukumba-Sikeli-Talaga-Liana Banggai-Baubau-Batauga-Binongko-Tomia-Wanci-Kendari.

Dilansir dari terupdate.net, KM Sabuk Nusantara 44, adalah salah satu jenis kapal perintis yang melayani rute di beberapa daerah di Sulawesi Tenggara. Kapal dengan panjang keseluruhan 68 meter dan lebar 14 meter tersebut mampu menampung hingga 500 penumpang.

Baca Juga: Jadwal Terbaru KM Sabuk Nusantara 78 Berangkat dari Pelabuhan Kendari

Kepala Operasional Pelabuhan, Nur Ramadhan menyatakan, KM Sabuk Nusantara 44 telah beroperasi di Buton Selatan, tepatnya di Pelabuhan Bandar Batauga sejak awal tahun 2023 yang terjadwal setiap Jumat, dengan waktu keberangkatan pukul 3 sore.

"Sebelumnya kapal ini hanya lewat saja, kemudian melalui Kementrian Perhubungan berdasarkan permintaan dari pemerintah daerah, akhirnya dibukakan jalur agar rute untuk Buton Selatan juga ada," beber Nur Ramadhan, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga: Ini Jadwal Terbaru KFC Jet Liner Usai Alami Perubahan Jadwal

Seorang masyarakat Buton Selatan yang juga sekaligus penumpang KM Nusantara 44, Musa merasa terbantu dengan dibukanya akses jalur laut tersebut. Selain dapat mengefisiensikan waktu, ia tak perlu lagi ke Kota Baubau jika harus mudik ke pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi.

"Kalau dulu harus ke Baubau dulu baru bisa naik kapal, tapi setelah ada pelabuhan dan akses KM Nusantara 44 dibuka, ditambah lagi biayanya yang murah sangat terbantu sekali," ucap Musa. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga