Sempat Tertunda, Kini Sultra Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Korpri ke V

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 05 Oktober 2021
0 dilihat
Sempat Tertunda, Kini Sultra Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Korpri ke V
Dari kiri: Ketua Panitia Pusat, Dr. H. Umar Aris, Ketua Umum Korpri nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, Wakil Gubernur Sultra, Dr. H. Lukman Abunawas. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Hal tersebut membuat pemerintah Sultra tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk memperkenalkan potensi kekayaan alam dan budaya Sultra. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (MTQ) Korpri ke V.

Hal tersebut membuat pemerintah Sultra tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk memperkenalkan potensi kekayaan alam dan budaya Sultra.

Wakil Gubernur Sultra, Dr. H. Lukman Abunawas mengatakan, perhelatan tersebut akan menjadi ajang penunjang ekonomi Sultra, Selasa (5/10/21).

"Kesempatan ini kita akan memperkenalkan potensi yang kita miliki saat kunjungan nanti, misalnya kita akan memperkenalkan Pulau Bokori atau kuliner khas seperti Jambu mete," ujarnya.

Lukman Abunawas juga menerangkan perhelatan nasional itu akan diselenggarakan di beberapa tempat di Kota Kendari. Hal tersebut mengingat perhelatan lomba tingkat nasional itu masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Kita akan selenggarakan di beberapa tempat seperti di Tugu Ex MTQ, Masjid Al Alam, dan lainnya, serta para delegasi juga dipastikan telah divaksin dan negatif Covid," tuturnya.

Baca juga: Siap Wakili Sultra ke Tingkat Nasional, 14 Finalis Ikuti Ajang Putri Indonesia

Baca juga: Milad Fakultas Teknik ke-28, Rektor UHO Akui Kekompakan Mahasiswa

Di tempat yang sama, Ketua Umum Korpri nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah mengungkapkan, alasan memilih Sultra sebagai tuan rumah di tahun ini, karena kader-kadernya banyak dan aktif mengikuti semua kegiatan korpri.

"Dukungan Pemdanya besar sekali, pak Ali Mazi itu pernah bersurat resmi ke pada Korpri untuk menjadi penyelenggara MTQ ke V 2020, tapi waktu itu COVID-19 lagi tinggi-tingginya, akhirnya ditunda," ujar Zudan.

Sementara itu, ketua panitia pusat, Dr. H. Umar Aris menambahkan, kegiatan tersebut menandakan organisasi Korpri tidak hanya sekedar mengurusi masalah duniawi, tapi juga mengurusi masalah akhirat.

"Lebih khusus bagi yang beragama Islam, karena di sini juga, dengan kita menghayati Al-Qur'an dengan membumikan Al-Qur'an, maka sesuai dengan NKRI berdasarkan Pancasila, rasa toleransi, kebersamaan, rasa gotong royong, itu akan timbul," paparnya.

Untuk diketahui, MTQ Korpri ke V, akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, namun belum pasti akan membukanya secara langsung atau secara virtual.

Rencananya pelaksanaannya akan dimulai sejak 12 - 20 November 2021 nanti. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga