Seorang Dokter RS Bina Kasih Medan Dijadwalkan Diperiksa Dugaan Malpraktik

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Seorang Dokter RS Bina Kasih Medan Dijadwalkan Diperiksa Dugaan Malpraktik
Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, tempat kasus dugaan malpraktik ditangani. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, Subdit IV Tindak Pidana Tertentu menjadwalkan pemeriksaan terhadap Dokter HP yang berdinas di Rumah Sakit (RS) Bina Kasih yang dilaporkan dugaan malpraktik anak Sersan Kepala (Serka), Holmes Sitompul "

MEDAN, TELISIK.ID - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, Subdit IV Tindak Pidana Tertentu menjadwalkan pemeriksaan terhadap Dokter HP yang berdinas di Rumah Sakit (RS) Bina Kasih yang dilaporkan dugaan malpraktik anak Sersan Kepala (Serka), Holmes Sitompul.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, Kombes Teddy John Marbun mengatakan, Dokter Herling akan diperiksa hari ini, Kamis (27/7/2023).

"Penyidik pembantu sedang menunggu kehadiran dokter dimaksud. Selain dokter, sejumlah tenaga kesehatan juga akan diperiksa. Mereka diperiksa karena diduga turut serta dalam operasi yang dilakukan terhadap RSS (6), anak Serkan Holmes," ucapnya,  pagi.

Polisi menyatakan, laporan personel Kodam I Bukit Barisan itu baru tahap penyelidikan, belum ditingkatkan ke penyidikan.

Baca Juga: Video: Hak Dua Nakes di RS Bina Kasih Medan Diduga Tak Diberikan Selama Berdinas

Penyidik telah memeriksa lokasi kejadian di RS Bina Kasih untuk olah tempat kejadian perkara (TKP). Namun belum diketahui apa saja yang menjadi temuan di sana.

Mereka berencana melakukan upaya jemput bola apabila dokter dan tenaga kesehatan itu tidak hadir undangan klarifikasi.

“Kalau misalnya tidak datang, nanti kita ke sana langsung (ke rumah sakit). Anggota akan ke sana untuk percepatan," tuturnya.

Diakui Kombes Jhon Marbun, mereka sudah memeriksa pelapor mengenai laporannya itu.

"Kalau pelapor sudah dilakukan pemeriksaan, kemarin. Jadi, setelah ini akan dilakukan gelar perkara terlebih dahulu," terangnya.

Terpisah, Serka Holmes ketika dikonfirmasi mengaku, sudah dilakukan pemeriksaan terhadapnya.

"Sudah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik, Selasa 26 Juli 2023 kemarin. Pemeriksaan mengenai kronologi sampai terjadinya dugaan malpraktik," ungkapnya.

Anggota TNI Angkatan Darat ini meminta, agar pihak kepolisian segera mengungkap perkara itu dengan profesional.

"Jadi, laporan saya layangan 15 Juli 2023 kemarin. Karena anak saya mengalami kejadian aneh setelah dilakukan operasi di rumah sakit itu," terangnya.

Baca Juga: Hak Dua Nakes di RS Bina Kasih Medan Diduga Tak Diberikan Selama Berdinas

Sebagaimana diketahui, Dokter HP diduga melakukan malpraktik terhadap anak Serka Holmes berinisial RSS (6), saat menjalani perawatan di RS Bina Kasih Medan.

Dokter itu diduga salah potong urat saraf pada tangan sebelah kanan RSS hingga membuat anaknya nyaris diamputasi. Beruntung, akhirnya Serka Holmes menolak dan akhirnya membawa anaknya ke RS Adam Malik Medan.

Dugaan malpraktik itu terjadi di RS Bina Kasih Medan Jalan Jenderal TB Simatupang, Medan Sunggal 18 Mei 2023. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga