Sepi Pengunjung, Permandian Gua Lanto Miliki Pesona Unik

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Minggu, 05 Desember 2021
0 dilihat
Sepi Pengunjung, Permandian Gua Lanto Miliki Pesona Unik
Permandian Gua Lanto Kota Baubau. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Permandian Gua Lanto yang terletak di Jalan Anoa Kelurahan Kadolomoko, Kota Baubau, merupakan tempat wisata bentukan alam yang indah dengan mata air yang sangat jernih "

BAUBAU, TELISIK.ID - Permandian Gua Lanto yang terletak di Jalan Anoa Kelurahan Kadolomoko, Kota Baubau, merupakan sebuah tempat wisata bentukan alam yang indah dengan mata air yang sangat jernih.

Memasuki tempat wisata permandian Gua Lanto, pengunjung akan merasakan suasana hening dan indahnya suara gemericik dari jernihnya titik-titik air yang jatuh dari bebatuan alam yang mengelilingi gua tersebut.

Walaupun letak permandian Gua Lanto dikelilingi oleh bangunan-bangunan permanen, namun kondisinya masih dijaga keindahan dan keasliannya.

Dari pemaparan salah satu penduduk, Niati, permandian Gua Lanto sekarang sudah sepi pengunjung namun masih tetap menjadi salah satu tempat favorit buat anak-anak di sekitar untuk berenang.

"Biasanya juga banyak anak-anak dari sekitar permandian yang datang untuk berenang di permandian Gua Lanto," jelas Niati, Minggu (5/12/2021).

Selain itu kata Niati, sering ada turis yang datang untuk menyelam karena katanya air di dalam gua itu agak luas dan sangat dalam.

Baca Juga: Candi Sukuh, Mirip Piramida Suku Maya di Meksiko

Baca Juga: Dikagumi Menteri Sandiaga Uno, Ada Apa di Kampung Adat Wae Rebo NTT?

"Kalau saya sendiri hanya bisa berenang di pinggir-pinggirnya saja, tapi kata beberapa turis yang pernah menyelam, air di dalam goa sangat luas dan dalam," tuturnya. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga