Serunya Naik Kora-Kora di Pasar Malam Unaaha

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
Serunya Naik Kora-Kora di Pasar Malam Unaaha
Pengunjung pasar malam dalam rangka HUT Konawe yang ke-63 dengan berbagai wahana permainan. Foto: Ist.

" Pasar malam yang diselenggarakan di lokasi eks STQ Unaaha, Kelurahan Tumpas, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, disambut antusias warga Unaaha "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-63, digelar pameran pembangunan pihak swasta, pasar malam, dan hiburan untuk masyarakat Kabupaten Konawe.

Pasar malam bertajuk Gebyar UMKM P3MI Expo 2023 ini telah berlangsung sejak 4 Februari lalu dan akan berlangsung hingga 4 Maret nanti. Pasar malam yang diselenggarakan di lokasi eks STQ Unaaha, Kelurahan Tumpas, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, disambut antusias warga Unaaha maupun luar Unaaha yang telah menantikan kegiatan tahunan ini.

Seperti pada pasar malam sebelumnya, pada pasar malam kali ini para pelaku UMKM akan kembali menjajakan berbagai kuliner khas favorit seperti kembang gula, berondong jagung, somay, dan berbagai jajanan lainnya. Selain itu pasar malam juga menyediakan wahana bermain yang dapat dinikmati bersama orang tersayang seperti kora-kora, bianglala, turang turangga dan masih banyak lagi.

Dikutip dari indonesiabaik.id, kora-kora adalah sejenis perahu besar bercadik kembar berganda, bertiang tiga yang digerakkan dayung atau layar. Kata ini berasal dari bahasa Spanyol Carraca yang berarti dua anak dari ikan toni (ikan terbang) yang memiliki nama ilmiah Cypsilurus Poecilopterus. Wahana yang satu ini jadi salah satu wahana yang banyak diminati masyarakat.

Salah satu pengunjung pasar malam, Nur Rahma Nandita mengaku tertarik naik kora-kora karena penasaran.

Baca Juga: Nikmati Sunset di Pantai Ria Kolaka

"Saya mau naik karena penasaran, kelihatannya juga seru jadi pengen coba. Kebetulan teman-teman mau naik itu juga," tutur perempuan yang akrab dipanggil Dita, Selasa (21/2/2023).

Hal yang sama juga diungkapkan Dwi Wahyuni, mahasiswi asal Kendari yang sengaja berlibur di Konawe demi merasakan berbagai wahana di pasar malam ini.

"Saya naik kora-kora ikut teman, kebetulan juga habis ujian proposal jadi refreshing dulu di sini," ungkapnya.

Baca Juga: Mengenal Kearifan Lokal Suku Bajo Morowali

Walaupun banyak yang tertantang menaiki wahana yang satu ini, banyak pula di antara para pengunjung yang menyesal setelah naik wahana ini karena dinilai terlalu ekstrem dan membuat jantungan, seperti yang dialami Julianti.

"Cukup sekali saja naik kora-kora, bikin jantungan, ketakutan kami di atas," ungkapnya.

Selain pasar malam, ada berbagai rangkaian kegiatan lain yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dalam rangka HUT Konawe ke-63. Selain itu pada malam puncak nanti penyanyi legendaris Iwan Fals akan hadir mengisi acara tahunan di Konawe ini. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga