NTT Jadi Tuan Rumah API Award 2021

Berto Davids, telisik indonesia
Senin, 17 Mei 2021
0 dilihat
NTT Jadi Tuan Rumah API Award 2021
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat menggelar rapat panitia persiapan malam API Award 2021. Foto: Ist.

" Kita harus tunjukan kerja yang terpadu dan berkualitas, sehingga NTT pantas menjadi tuan rumah event tersebut apalagi Labuan Bajo telah ditetapkan dan terus didandani sebagai destinasi super premium di Indonesia "

KUPANG, TELISIK.ID - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Pelaksanaan malam API tersebut akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat pada Kamis (20/5/2021).

Semua pihak yang dipercayai menjadi panitia dalam ajang bergengsi itu pun tengah mempersiapkan diri dengan segala upaya dan kerja keras, mulai dari persiapan hingga pemantapan.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memberi apresiasi atas kerja keras panitia menyongsong malam API Award 2021 yang akan digelar di Inaya Bay Komodo Resort, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

“Saya minta panitia harus bekerja sungguh-sungguh agar sukses, karena NTT sudah dikenal dengan branding pariwisata sebagai Prime Mover Pembangunan di NTT," kata Laiskodat, Senin (17/5/2021).

"Kita harus tunjukan kerja yang  terpadu dan berkualitas, sehingga NTT pantas menjadi tuan rumah event tersebut apalagi Labuan Bajo telah ditetapkan dan terus didandani sebagai destinasi super premium di Indonesia," sambungnya.

Ia berharap, API Award ini memberi dampak bagi pertumbuhan dan perkembangan serius pariwisata di NTT terutama Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga: 1.000 Unit Rumah Bagi Korban Banjir NTT Target Selesai September 2021

Menurutnya, NTT harus punya hospitality dan SDM yang benar-benar berkualitas untuk bisa memajukan pariwisata, sepertinya melalui amenitas dan atraksi yang berkualitas yang pantas dikonsumsi oleh wisatawan yang berkunjung ke NTT.

Kata dia, hospitality harus benar-benar bisa menjadi budaya masyarakat NTT. Standarisasi kebersihan, produk kerajinan tangan,  dan atraksi seni budaya harus menarik minat para pengunjung.

Selain itu, penguasaan bahasa asing seperti bahasa Inggris harus menjadi perhatian serius semua pihak karena dampak positif dari penguasaan bahasa asing secara terampil pasti membawa pariwisata NTT yang optimal.

"Pariwisata NTT harus ditata kelola dengan manajemen terbaik, sehingga pariwisata bisa merubah mindset atau SDM manusia agar lebih berkeadaban. Perlu diingat, bahwa malam API Award 2021 ini baru menjadi pekerjaan minimal, pekerjaan maksmimalnya adalah pariwsata harus bisa dikembangkan menjadi industri, dan memberi dampak yang maksimal bagi kemajuan ekonomi masyarakat NTT dan juga SDM," tuturnya.

Menurutnya, menjadi tuan rumah bukanlah pekerjaan yang main-main. Pekerjaan itu hanya bisa dilakukan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja di luar kebiasaan atau out of the box.

"Mari kita komit untuk hasilkan SDM pariwisata yang berkualitas dan konsep ini juga memang harus diterapkan di tujuh destinasi prioritas sebagai Pariwisata Estate yang tengah dikembangkan masing-masing, seperti pantai Liman Semau Kabupaten Kupang , Fatumnasi Kabupaten TTS, Wolwal Kabupaten Alor, Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao, Lamalera Kabupaten Lembata, Pramaidita Kabupaten Sumba Timur dan Koanara Kabupaten Ende," tegasnya.

Baca Juga: Ini Alasan Kepala BNNP Sumut Terkait Kaburnya Lima Tahanan

Sementara iit  Abed Frans selaku Wakil Ketua Panitia API Award 2021 mengaku telah siap menyongsong ajang bergengsi itu.

Ia mengatakan, laporan kesiapan pelaksanaan malam API Award 2021 sudah mencapai lebih dari 50 persen secara fisik.

Ia pun menyebut total tamu yang akan hadir berkisar 540 sampai dengan 560 orang.

“Yang sudah konfirmasi untuk hadir adalah Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, dan Menteri Kominfo, Johny Plate bersama Gubernur Riau, H Syamsuar, dan sejumlah undangan penting lainnya," kata Frans kepada awak media.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk melakukan upaya promotif dan edukatif terkait Table Manner. Hal tersebut sebagai langkah meningkatkan kesadaran ASN dalam memajukan SDM pariwisata yang berkualitas. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga