Sisir Jember, KPU Jawa Timur Bidik Suara Pelajar di Pemilu 2024

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Sisir Jember, KPU Jawa Timur Bidik Suara Pelajar di Pemilu 2024
Para pelajar yang mengikuti pendidikan pemilu yang digelar KPU Jawa Timur. Foto: Ist.

" KPU Jawa Timur terus tancap gas jelang Pemilu 2024 mendatang. Dengan keliling seluruh wilayah di Jawa Timur, KPU menyasar seluruh segmen masyarakat, termasuk pemilih pemula Jember "

SURABAYA, TELISIK.ID - KPU Jawa Timur terus tancap gas jelang Pemilu 2024 mendatang. Dengan keliling seluruh wilayah di Jawa Timur, KPU menyasar seluruh segmen masyarakat, termasuk pemilih pemula Jember.

Komisioner KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro mengungkapkan, tujuan diadakan sosialisasi untuk segmen pemilu pemula  kali ini, yakni agar para pelajar dapat menjadi agen-agen sosialisasi KPU.

“Adik-adik siswa-siswi diundang, harapannya membantu KPU menjadi agen-agen sosialisasi untuk menyampaikan informasi Pemilu 2024 ke teman-teman, guru-guru, keluarga dan lingkungannya,” ujar Gogot, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Peluang Ketua DPRD Subhan di Pilkada Kendari 2024 Terbuka

Gogot yang juga Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) KPU Jawa Timur ini menegaskan, sosialisasi dan pendidikan pemilih segmen pemilih pemula sangatlah penting.

“Kenapa demikian? Karena jumlah pemilih pemula pada pemilu dan pemilihan cukup besar. Lalu, pemilih pemula adalah calon pemimpin masa depan dan pertama kalinya memberikan suara dalam pemilu/pemilihan, sehingga perlu diberi pemahaman yang baik tentang demokrasi,” katanya.

Selain itu, juga karena kebanyakan pemilih pemula memiliki kondisi psikologis yang labil dan mudah dipengaruhi oleh orang lain dengan informasi yang menyesatkan.

Berikutnya, pemilih pemula merupakan pemilih idealis karena belum punya beban tanggungjawab dan pemilih pemula yang menggunakan hak pilihnya memiliki kecenderungan untuk terus berpartisipasi pada momen pemilu/pemilihan selanjutnya.

Pria kelahiran Magetan ini mengatakan, acara sosialisasi dan pendidikan pemilih dapat dikatakan berhasil, bila para pelajar yang telah memiliki hak pilih ada peningkatan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari apatis menjadi setuju dengan pemilu/pemilihan, serta mau menggunakan hak pilih dengan datang ke TPS.

Baca Juga: Pengaruh Airlangga Hartarto Kuat, Golkar Tempel Ketat PDIP jadi Parpol yang Dipilih Rakyat

Sedangkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember, Mahrus Samsul, bagi pelajar tentunya Pemilu 2024 mendatang adalah pembelajaran bagi pelajar menyongsong Pemilu 2024 mendatang.

“Dengan mengikuti kegiatan ini kita dibimbing untuk sadar akan pentingnya demokrasi. Demokrasi ini ada di Pancasila. Pancasila ini berasal dari budaya dan nilai-nilai leluhur kita semua. Sehingga melalui kegiatan ini tujuannya dapat memperkuat Pancasila dan memberikan manfaat untuk Pemilu Tahun 2024,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mahrus mengajak peserta yang merupakan segmen pemilih pemula ini siap mengamankan demokrasi.

“Saya berharap agar siswa-siswi terbaik di Jember tidak menjadi golongan putih (golput) pada Pemilu 2024, namun mau memberikan suara di TPS,” pesan Mahrus. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga