Peluang Ketua DPRD Subhan di Pilkada Kendari 2024 Terbuka

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Peluang Ketua DPRD Subhan di Pilkada Kendari 2024 Terbuka
Ketua DPRD Kota Kendari Subhan dinilai punya peluang di Pilkada Kota Kendari 2024. Foto: Musdar/Telisik

" Pilkada Kota Kendari 2024 nampaknya akan diramaikan oleh banyak figur. Salah satunya Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pilkada Kota Kendari 2024 nampaknya akan diramaikan oleh banyak figur. Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, digadang-gadang akan ikut meramaikan Pilkada Kota Kendari meski sebelumnya politikus PKS itu disebut akan maju di Pilkada Buton Tengah.

"Kalau kemarin, dia arahnya lebih cenderung ke Kota Kendari. Terlihat di beberapa program dia berani berpasangan dengan Sulkarnain, salah satunya program Kendari Terang," ucap Pengamat politik Sulawesi Tenggara, M Najib Husain, Kamis (3/11/2022).

Najib menyatakan, peluang Subhan di Pilkada Kota Kendari terbuka, apalagi Subhan akan menjabat Ketua DPRD hingga 2024.

Pria kelahiran Gu, Kabupaten Buton Tengah tersebut dinilai, jika maju di Pilkada Kota Kendari, akan mengambil basis suara pemilih Buton.

"Kalau dilihat dari konfigurasi suara, bisa jadi pak Subhan mengambil basis suara-suara dari pemilih Buton," ujar Najib.

Baca Juga: Pengaruh Airlangga Hartarto Kuat, Golkar Tempel Ketat PDIP jadi Parpol yang Dipilih Rakyat

Ketua DPW PKS Sulawesi Tenggara, Yaudu Salam Ajo mengatakan, semua kader PKS tak terkecuali Subhan, memiliki peluang yang sama untuk diusung partai maju berkompetisi di pilkada.

Namun rekomendasi partai tak diberikan begitu saja oleh kader yang berkeinginan maju.

Kader akan diuji popularitasnya, tingkat keterpilihan atau elektabilitas melalui survei lapangan.

"Kemudian punya kesiapan. Kesiapan yang paling utama adalah kesiapan visi yang sejalan dengan PKS dan kesiapan logistik," ungkap Yaudu.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, saat dikonfirmasi tidak berbicara banyak.

Subhan hanya menyampaikan, masyarakat akan menjadi penentu kemana dia 2024.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Penerus Jokowi, Ini Kata Relawan

"Yang kita lakukan sekarang ini melaksanakan tugas sebagai Ketua DPRD Kota Kendari yang merupakan amanah dari masyarakat. Untuk ke depan tergantung dari masyarakat," pungkasnya.

Diketahui 8 figur yang siap tarung di Pilkada Kota Kendari, anggota DPRD Sulawesi Tenggara Aksan Jaya Putra, Wakil Ketua DPRD Kota Kendari LM Inarto dan anggota DPRD Kota Kendari Abdul Rasak dan Andi Sulolipu.

Mantan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mantan Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran, Ketua Peradi Kota Kendari Abdul Rahman dan Ketua Garnita Malahayati NasDem Sulawesi Tenggara, Sitya Giona Nur Alam. (A)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga