Siswa Jalur Prestasi Lolos PTN Tiap Tahun Meningkat, Kampus Diharap Antisipasi

Riksan Jaya, telisik indonesia
Rabu, 03 April 2024
0 dilihat
Siswa Jalur Prestasi Lolos PTN Tiap Tahun Meningkat, Kampus Diharap Antisipasi
Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, La Hamimu (kiri) dan A. Alfitra Dwifajryn Andi Pangerang (kanan) sebagai Regional Manager Ruangguru wilayah Makassar Raya, Sulawesi Tenggara Dan Jayapura. Foto: Kolase

" Siswa yang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), meningkat pada tahun 2024 yakni 159.029 siswa, dibanding tahun 2023 yang hanya 143.805 siswa "

KENDARI, TELISIK.ID - Siswa yang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), meningkat pada tahun 2024 yakni 159.029 siswa, dibanding tahun 2023 yang hanya 143.805 siswa.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB 2024, Ganefri menyebut jumlah pada tahun 2024 tersebut terdiri 126.421 siswa masuk PTN akademik dan 29.608 masuk PTN vokasi.

"Yang lulus (PTN akademik), total itu 126.421," katanya, dikutip dari akun YouTube resmi SNPMB BPPP, Selasa (26/3/2024).

Di Sulawesi Tenggara, Universitas Halu Oleo (UHO) masih menduduki posisi pertama penerima SNMPTN dan SNBP dengan kuota penerimaan 2.172 pada tahun ini, dan Ilmu Hukum menjadi Program Studi (Prodi) dengan peminat tertinggi, yakni 120 peminat.

Baca Juga: Bripda A'raaf, Anggota Polri Duta RRI Kendari di Ajang Tilawah Al-Qur'an Tingkat Nasional

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Halu Oleo (UHO), La Hamimu mengakui adanya peningkatan jumlah siswa yang lolos SNBP secara nasional, namun pihaknya terpaksa harus mengurangi kuota peneriman SNBP pada tahun ini.

Kebijakan ini dilakukan, kata dia, untuk menyesuaikan rasio jumlah siswa dan dosen di beberapa prodi.

“Dibanding tahun lalu sebanyak 2.275 kuata, karena ada beberapa prodi, misalnya di farmasi diturunkan, karena rasio dosen dan mahasiswanya, akibat dia dapat satu penambahan prodi S2, sehingga ada dosen yang harus pindah homebasenya ke-S2. Kalau tidak nanti akan mempengaruhi, karena kita juga dibatasi rasio dosen dan mahasiswa,” jelasnya, Rabu (3/4/2024).

“Misal Farmasi itu dulu 300 lebih, tahun ini turun 200 karena mendapat izin S2 Farmasi, tahun ini mulai beroperasi. Kita dibatasi aturan, karena kalau tidak sesuai rasio dosen dan mahasiswa jadi tidak efektif,” tambahnya.

Baca Juga: Dampak Banjir di MTSN 1 Kendari, DPRD Minta The Park Bakal Tambah Aliran Drainase

Regional Manager Ruang Guru wilayah Makassar Raya, Sulawesi Tenggara dan Jayapura, A. Alfitra Dwifajryn Andi Pangerang berharap agar pihak kampus dapat mengantisipasi jumlah peningkatan yang terus terjadi tiap tahunnya.

Ia mengaku sejauh ini pihaknya telah berhasil meningkatkan jumlah kelulusan siswa ke Perguruan Tinggi Negeri dibanding tahun sebelumnya.

"Untuk tahun 2024 ini dari data yang masuk 49 persen, atau dari 423 siswa SNBP dengan data yang masuk 209, presentase kelulusan SNBP kami sudah di angka 34 persen," ujarnya, Selasa (2/4/2024).

"Di Indonesia Timur kami sudah meluluskan sebanyak 71 siswa, data belum 100 persen, jadi pihak kampus mesti bisa mengantisipasi peningkatan ini," tambahnya. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga