Siswa MA Pesri Kendari Borong 6 Mendali Sains Tingkat Nasional

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Jumat, 25 Maret 2022
0 dilihat
Siswa MA Pesri Kendari Borong 6 Mendali Sains Tingkat Nasional
Andi Fauzan Akbar, saat memarkan piala yang berhasil dia raih pada ajang Sains Tingkat Nasional. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Berbagai prestasi terus diukir oleh Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri (MA Pesri), baik dari tingkat lokal, nasional bahkan internasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Berbagai prestasi terus diukir oleh Madrasah Aliyah Pesantren Ummusshabri (MA Pesri), baik dari tingkat lokal, nasional bahkan internasional.

Kini sekolah tersebut kembali meraih prestasi, melalui salah satu siswanya yaitu Andi Fauzan Akbar, yang berhasil memborong 6 mendali sekaligus, di beberapa event Olimpiade Sains tingkat nasional.

Kepala MA Pesri Kendari, Agus Sugito mengaku, bangga dan senang atas prestasi yang telah diraih oleh siswanya. Meskipun harus diakui dengan kondisi pembelajaran yang belum normal, tetapi siswa-sisiwi masih bisa mengukir prestasi.

"Saya ucapkan selamat, mabruk alfu mabruk, semoga menjadi motivasi dan penyemangat untuk lebih maju lagi di ajang kompetisi dan momentum lainnya. Serta jangan cepat puas dulu dengan prestasi ini, apalagi sampai membuat sombong, tetaplah rendah diri," ucapnya kepada Telisik.id, Jumat (25/3/2022).

Dirinya menjelaskan, prestasi itu tentu semakin mengangkat citra madrasah, juga menambah kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan lembaga ini. Serta membuktikan bahwa MA Pesri Kendari tetap berada pada jalur prestasi.

"Untuk itu saya selalu mendorong guru untuk tetap intens, kreatif dan inovatif dalam melakukan bimbingan kepada siswa dan mempersiapkan mereka, mengikuti berbagai ajang kompetisi. Karena semakin sering terlibat diberbagai kompetisi, maka dengan sendirinya akan semakin mengasah mental dan kemampuan mereka," jelasnya.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Lulusan SMA Dapat Pekerjaan, Nomor 4 Paling Penting

Sementara itu, salah satu pembimbing lomba, Suci Rahmah Hamid, M.Pd mengungkapkan, dirinya memang sudah mempersiapkan para siswa-siswi, untuk mengikuti berbagai lomba.

Ia mengaku, pembinaan sudah dilakukan jauh-jauh hari, mulai dari melatih akademik serta mental para siswa-siswi. Karena dua hal itu menjadi penentu untuk bisa meraih prestasi di berbagai ajang.

"Dan Alhamdulillah, dengan segala upaya yang kami lakukan, dengan membina mereka dengan secara ketat, akhirannya berhasil meraih prestasi," ujarnya.

Di sisi lain, Andi Fauzan Akbar mengatakan, prestasi yang diraihnya, bukan hanya dari hasil kerja kerasnya, melainkan ada sosok guru dan orang tua yang selalu mendukungnya hingga bisa meraih prestasi.

Baca Juga: Tak Ingin Terkalahkan Perguruan Tinggi Lain, IAIN Kendari Siap Implementasikan Program MBKM

"Prestasi ini menjadi sebuah pembuktian diri bagi saya, bahwa apa yang saya usahakan dan kerjakan selama ini, bisa membuahkan hasil yang baik," ujarnya.

"Tentunya prestasi ini, saya dedikasikan buat orang tua, yang telah banyak berjasa kepada saya, dan juga guru-guru yang selama ini telah memberikan pengetahuan dan membina saya dengan baik, sehingga mampu berdiri dititik yang sekarang," lanjutnya.

Sekedar informasi, 6 prestasi yang diraih oleh Andi Fauzan Akbar antara lain:

  1. Medali Emas tingkat nasional bidang Matematika pada Olimpiade Sains Kihajar Dewantara yang diselenggarakan oleh Garuda Sains Indonesia.
  2. Medali Emas tingkat nasional bidang Kimia pada Kompetisi Sains Pelajar Indonesia yang diselenggarakan oleh Jenius Sains Competition.
  3. Medali Emas tingkat nasional bidang Matematika pada Kompetisi Sains Pelajar Indonesia yang diselenggarakan oleh Jenius Sains Competition.
  4. Medali Emas tingkat nasional bidang Kimia pada Olimpiade Sains yang diselenggarakan National Science Olympiade.
  5. Medali Perak tingkat nasional bidang Kewarganegaraan yang diselenggarakan oleh Liga Olimpiade Indonesia.
  6. Medali Perunggu tingkat nasional bidang Matematika pada Olimpiade Pelajar Indonesia yang diselenggarakan oleh Zeta Institute. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga