SK Mutasi Belum Ada, Diduga Karena Pergeseran Jabatan di Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 01 April 2022
0 dilihat
SK Mutasi Belum Ada, Diduga Karena Pergeseran Jabatan di Muna
Pelantikan pejabat lingkup Pemkab Muna beberapa waktu lalu. Foto : Sunaryo/Telisik

" Mutasi pejabat eselon II, III, IV, kepala puskemas (Kapus) dan kepala sekolah (Kasek) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna pada 16 Maret lalu masih menyisahkan misteri "

MUNA, TELISIK.ID - Mutasi pejabat eselon II, III, IV, kepala puskemas (Kapus) dan kepala sekolah (Kasek) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna pada 16 Maret lalu masih menyisahkan misteri.

Sudah hampir sebulan, pejabat yang dilantik belum juga mengantongi surat keputusan (SK) bupati. Diduga, SK belum diserahkan, karena ada pergeseran jabatan antar pejabat. Nama-nama pejabat yang dibacakan saat proses pelantikan dan penyumpahan, disinyalir 'dibongkar' ulang.

Sekda Muna, Eddy Uga dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui hal itu. Pasalnya, sampai saat ini, ia belum melihat petikan SK mutasi itu.

"Saya belum tahu, karena petikannya belum ada," kata Eddi, Jumat (1/4/2022).

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, La Ena menerangkan, meski SK belum ada, namun dipastikan tidak ada pergeseran pejabat.

Baca Juga: Mutasi Besar-Besaran di Lingkup Pemkab Muna, Dua Kepala OPD Digeser ke Staf Ahli

"Paling yang bergeser hanya beberapa Kasek," katanya.

Pergeseran Kasek, menurut mantan Asisten II itu dikarenakan ada perjanjian antara Pemkab dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terhadap sekolah penggerak. Artinya, Kasek di sekolah penggerak tersebut telah mendapat SK dari Kemendikbud dengan jangka waktu tertentu tidak bisa diganti atau dipindahkan.

Baca Juga: Mutasi Eselon II di Muna Diduga Langgar Aturan

"Karena ada perjanjian itu, Kasek di sekolah penggerak yang dimutasi, kita kembalikan lagi ke sekolah asalnya," terangnya.

Untuk SK, tidak ada masalah. Saat ini, stafnya tengah merampungkan SK itu yang selanjutnya akan dibagikan pada para pejabat yang telah dilantik.

"Insya Allah, dalam waktu dekat SK sudah tuntas semua," janjinya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga