Sosok Nadilla Nurul Utami, Wakil Sulawesi Tenggara di Sekolah Duta Maritim Indonesia

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Jumat, 18 Agustus 2023
0 dilihat
Sosok Nadilla Nurul Utami, Wakil Sulawesi Tenggara di Sekolah Duta Maritim Indonesia
Nadilla Nurul Utami menggunakan pakaian adat Sulawesi Tenggara di kegiatan pembukaan Sekolah Duta Maritim Indonesia. Foto: Ist.

" Tahun ini, Nadilla Nurul Utami berhasil terpilih menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara setelah berhasil lolos dari 600 pendaftar di kegiatan Sekolah Duta Maritim Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara sepertinya tak pernah absen dalam menyumbangkan putra-putri daerah yang berprestasi di ajang nasional hingga internasional. Salah satunya adalah Nadilla Nurul Utami, yang terpilih ikut kegiatan Sekolah Duta Maritim Indonesia.

Remaja yang akrab disapa Nadilla, merupakan mahasiswi Ilmu Pemerintahan, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) yang dikenal cukup aktif di berbagai organisasi kepemudaan di Sulawesi Tenggara, seperti Duta GenRe 2020, Forum Anak Kendari, dan berbagai organisasi lain.

Di tahun 2023 ini, dia berhasil terpilih menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara setelah berhasil lolos dari total 600 pendaftar di kegiatan Sekolah Duta Maritim yang diselenggarakan oleh ASPEKSINDO (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia).

ASPEKSINDO adalah organisasi kerja sama dan hubungan kemitraan antar pemerintah daerah kepulauan dan pesisir, serta sebagai penghubung antara pemerintah daerah kepulauan dan pesisir dengan pemerintah pusat dan industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar negeri.

Tujuan dari ASPEKSINDO adalah untuk memberikan informasi dan sharing pengalaman dalam pengelolaan sumber daya wilayah kepulauan dan pesisir yang berkemajuan. Serta mendorong generasi muda untuk dapat mengetahui isu-isu yang saat ini terjadi pada kemaritiman di Indonesia.

Baca Juga: Mahasiswi Asal Wakatobi Lolos Sekolah Duta Maritim Indonesia 2023

Kepada Telisik.id, remaja kelahiran 8 Maret 2003 tersebut menceritakan terkait proses seleksinya yang meliputi seleksi berkas, seleksi video Instagram dan YouTube hingga seleksi akhir yakni wawancara.

Kegiatan Sekolah Duta Maritim sendiri berlangsung sejak 11 Agustus hingga 17 Agustus 2023 yang bertempat di Hotel Sofyan, Tebet, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, remaja asal Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, menjelaskan terkait hasil yang akan ia terapkan kepada Provinsi Sulawesi Tenggara, utamanya dalam hal maritim.

Baca Juga: Finalis Duta Maritim Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara Kampanye Kawasan Tanpa Rokok

"Nantinya saya akan bekerja sama bersama mitra yang berhubungan langsung tentang kemaritiman dan kelautan contohnya adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara dalam menggerakkan kontribusi masyarakat pada potensi maritimnya," jelas Nadilla pada Telisik.id.

Atas prestasinya tersebut, banyak pihak yang turut bangga akan perolehan prestasi yang ia dapatkan, seperti yang disampaikan Agil Ismail, teman seangkatannya di Duta GenRe 2020.

"Turut berbangga ada teman yang berhasil lolos di tingkat nasional, semoga berhasil membuat bangga Sulawesi Tenggara," tuturnya. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga