Sosok Susanti, Plh Sekda Kota Kendari Pengganti Ridwansyah Taridala

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 15 Maret 2023
0 dilihat
Sosok Susanti, Plh Sekda Kota Kendari Pengganti Ridwansyah Taridala
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menyerahkan SK penunjukan Plh Sekda Kota Kendari kepada Susanti, pasca Ridwansyah Taridala ditetapkan tersangka oleh Kejati Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Buntut penetapan tersangka sekaligus penahanan Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menunjuk Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Susanti, sebagai Pelaksana harian (Plh) Sekda "

KENDARI, TELISIK.ID - Buntut penetapan tersangka sekaligus penahanan Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menunjuk Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Susanti, sebagai Pelaksana harian (Plh) Sekda.

Penunjukan itu dilakukan pada Selasa (14/3/2023) oleh Asmawa Tosepu, menindaklanjuti kasus Ridwansyah Taridala yang diduga terlibat dalam kasus suap pemberian perizinan PT Midi Utama Indonesia.

“Penunjukan Plh Sekda Kota Kendari tersebut bersama diikuti oleh unsur Forkopimda dan berlangsung di ruang Kantor Wali Kota Kendari," tutur Asmawa.

Baca Juga: Cek Harga Pangan Jelang Ramadan di Kota Kendari

Susanti sendiri merupakan seorang birokrat yang telah lama berkecimpung dalam dunia pemerintahan. Dirinya yang lahir pada 10 September 1963 di Ujung Pandang ini akan segera mengakhiri jabatannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada September 2023 nanti, ketika dirinya genap berusia 60 tahun.

Susanti sendiri menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jurusan Ilmu Pemerintahan pada tahun 1996 di Universitas Halu Oleo, setelah sebelumnya lulus dari Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) yang sekarang bernama IPDN.

Ketika ditemui oleh pihak Telisik.id pada Rabu (15/3/2023), Susanti tidak menyangka  dirinya akan ditunjuk menggantikan sementara tugas-tugas administratif dari Sekda Kendari.

"Saya awalnya shock, kenapa saya yang ditunjuk, soalnya saya juga kan sudah mau pensiun, mungkin Pak Pj lihat kinerja saya yah makanya beliau menunjuk saya," ungkap Susanti dengan ekspresi muka tersenyum ramah.

Sebagi seorang ASN, Susanti sendiri telah lama berkecimpung dalam dunia pemerintahan, yaitu sejak tahun 1985 hingga kemudian di tahun 2021 dirinya dilantik menjadi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan yang kemudian membawanya menjadi Plh Sekda Kota Kendari.

Baca Juga: Menanti Tersangka Baru Dugaan Suap Ridwansyah Taridala, Bagaimana Nasib Eks Wali Kota Kendari?

Susanti sendiri dikenal cukup ramah dalam melakukan tugasnya sebagai Asisten II maupun ketika dia merangkap jabatan sebagai Plh Sekda.

"Ibu baik orangnya, dia selalu melayani berbagai administrasi yang masuk walau akhir-akhir ini banyak surat yang harus didisposisi karena jabatannya sebagai Plh," tutur Isra, salah satu asisten Susanti.

Dirinya sendiri akan menjabat sebagai Plh Sekda Kota Kendari selama seminggu ke depan hingga nantinya ditunjuk pejabat lain sebagai pengganti Sekda. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga