Stres Banyak Pekerjaan? 5 Kiat Kinerja Maksimal

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 30 Agustus 2021
0 dilihat
Stres Banyak Pekerjaan? 5 Kiat Kinerja Maksimal
Pekerjaan yang menumpuk seringkali membuat seseorang pusing hingga stres. Foto: Repro Trubus

" Jika ini berlangsung terus, performa kerja jadi menurun, dan akan mengancam posisi di tempat kerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Pekerjaan tidak selalu mengasyikkan dan berjalan normal, seringkali juga membuat seseorang pusing hingga stres.

Dikutip dari repository.usm.ac.id, stres kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis, yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seorang karyawan

Ketika pikiran pusing karena dilanda stres terus-menerus akibat beban pekerjaan, tentu kinerja jadi tidak maksimal. Yang tadinya produktif, sekarang malah sering keteteran.

Jika ini berlangsung terus, performa kerja jadi menurun, dan akan mengancam posisi di tempat kerja.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, banyak cara yang bisa dilakukan. Dilansir dari yoursay.com, setidaknya ada beberapa kiat mengatasi stres di tempat kerja yang bisa diterapkan:

1. Sarapan dengan menu yang sehat

Biasakan saat berangkat ke kantor, sudah sarapan dulu sebelumnya. Karena kamu nggak akan bisa berpikir jernih, dan mudah terserang stres, kalau nggak ada asupan energi yang cukup.

Dan usahakan, pilih menu sarapan sehat. Nggak hanya mendukung fisikmu tetap fit, sarapan sehat juga membantu otakmu dapat bekerja dengan baik.

2. Segera selesaikan pekerjaan

Yang membuat kamu sering keteteran, salah satu sebabnya karena sering menunda pekerjaan. Mulai sekarang, kebiasaan buruk tersebut dihilangkan, ya! Hanya membuatmu stres aja.

Meski tampak sepele, atau bisa diselesaikan dengan mudah, jangan pernah remehkan tugas. Langsung kerjakan saat itu juga. Karena kamu nggak bakal tahu, bisa jadi ke depannya ada tugas berat yang menanti, sehingga tugas yang kamu anggap sepele itu,nggak selesai-selesai jadinya.

3. Buat to do list

Dengan menuliskan daftar pekerjaan yang mesti diselesaikan, kamu jadinya lebih fokus dan teratur. Mana-mana saja tugas yang penting, dan mana yang mendesak. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikannya satu persatu.

Baca Juga: Awas, 3 Jenis Pikiran Negatif Ini Bisa Merusak Kesehatan Mental Anda

Baca Juga: Pria Harus Waspada, Begini Tanda Istri Ketika Marah Bisa Bunuh Suami

4. Hindari multitasking

Walaupun banyak yang menerapkan, akan tetapi multitasking ini nggak baik dilakukan. Selain bikin kamu mudah stres, multitasking juga malah menurunkan produktivitas.

Oleh karena itu, hindari mengerjakan tugas dengan multitasking. Biasakan untuk menyelesaikan satu-satu dahulu. Cara demikian akan menghindarkanmu dari stres, karena nggak mudah terdistraksi jadinya.

5. Hindarkan gadget

Salah satu hal yang membuatmu sulit fokus dengan tugas kantor, adalah pengaruh gadget. Coba letakkan gadget di tempat tersembunyi saat jam kantor. Misalnya, di laci atau di tas. Ini menghindarkanmu dari sebentar-sebentar mengecek HP, yang bisa memecah konsentrasi, dan bikin pekerjaanmu nggak kelar-kelar. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga