Stunting Buton Tengah Tertinggi Kedua di Sulawesi Tenggara

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
0 dilihat
Stunting Buton Tengah Tertinggi Kedua di Sulawesi Tenggara
Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah, Kasman saat menjelaskan peta persebaran stunting. Foto: Mutarfin/Telisik

" Angka stunting di Kabupaten Buton Tengah saat ini tergolong cukup tinggi dan menempati urutan kedua di Provinsi Sulawesi Tenggara "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Angka stunting di Kabupaten Buton Tengah saat ini tergolong cukup tinggi dan menempati urutan kedua di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Tengah, Konstantinus Bukide menjelaskan, angka stunting berada di urutan kedua setelah Kabupaten Buton Selatan untuk wilayah Sulawesi Tenggara.

"Sehingga angka stunting kita bisa katakan sanggat tinggi," ungkapnya, Rabu (24/08/2022).

Ia menambahkan, berdasarkan skala nasional, secara umum penurunan angka stunting di Indonesia hanya mencapai angka 3% setiap tahunnya. Sehingga perlu waktu dan usaha yang ekstra bagi Buton Tengah, untuk mencapai target stunting nasional yang hanya 14% pada 2024 dan itu merupakan hal berat.

Baca Juga: Gegara Tak Mau Kembalikan Randis, Ketua DPRD Muna Barat Marahi Pj Bupati

Baca Juga: Rancang Pusat Pelatihan, Pemkab Buton Optimis Cabor Dayung Bisa Maju

Dia juga mengatakan, untuk menurunkan angka stunting yang cukup tinggi di wilayah Buton Tengah perlu untuk mencapai percepatan penurunan stunting dilakukan beberapa pilar seperti, peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan baik pemerintah kabupaten hingga pemerintah desa, peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat, peningkatan ketahanan pangan pada tingkat individu keluarga dan masyarakat serta penguatan dan pengembangan sistem data informasi riserd dan inovasi.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah, Kasman menjelaskan, tingkat tertinggi stunting ada di wilayah Kabupaten Buton Tengah itu tersebar di beberapa kecamatan yang ada.

"Dari data yang ada justru angka stunting ini banyak di kelurahan, misalnya Kecamatan Gu, Kelurahan Watulea dan Bombana Wulu demikian juga di Kecamatan Mawasangka itu ada di Kelurahan Mawasangka dan Watolo, Secara per kecamatan angka stanting tertinggi itu persentasenya ada di Kecamatan Mawasangka Tengah," jelasnya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Kardin

Baca Juga