Suka Makan Ikan Mujair? Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 05 Juni 2022
0 dilihat
Suka Makan Ikan Mujair? Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh
Ikan mujair yang dibakar mengundang selera makan. Foto: Repro tastynesia.com

" Selain mengandung beragam nutrisi penting, ikan mujair juga rendah kandungan merkuri sehingga aman dikonsumsi sehari-hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu jenis ikan yang banyak mengandung manfaat saat dikonsumsi adalah ikan mujair.

Dikutip dari rimbakita.com, ikan mujair adalah salah satu komoditas ikan air tawar yang mudah hidup dan beradaptasi serta dikembangbiakkan di berbagai kondisi.

Ikan dengan nama latin Oreochromis mossambicus ini mampu bertahan hidup di rentang habitat yang luas, yaitu pada kondisi air berkadar garam tinggi hingga tingkat salinitas rendah.

Jenis nutrisi yang terdapat pada ikan mujair meliputi protein, vitamin B12, vitamin D, kalsium, fosfor, magnesium, dan selenium.

Selain mengandung beragam nutrisi penting, ikan mujair juga rendah kandungan merkuri sehingga aman dikonsumsi sehari-hari.

Melansir alodokter.com, berikut ini beberapa manfaat ikan mujair bagi kesehatan yang dapat Anda peroleh:

1. Mendukung kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam ikan mujair cukup tinggi, sehingga konsumsinya dapat mendukung kesehatan tulang. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara tulang yang sehat dan kuat.

Selain kalsium, nutrisi lain di dalam ikan mujair yang juga dapat mendukung kesehatan tulang, yaitu vitamin D, magnesium, dan fosfor.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan mujair bisa meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh mampu membakar kalori lebih banyak.

Dengan tingginya kandungan protein ini membuat ikan mujair cocok dijadikan sebagai menu makan bagi Anda yang sedang menjalani diet.

Baca Juga: Yuk, Kenali 7 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Mental

Namun, perlu diketahui bahwa menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi ikan mujair saja, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin dan mencukupi waktu tidur.

3. Mencegah penyakit kanker

Ikan mujair mengandung selenium yang tinggi. Selenium merupakan jenis mineral yang diketahui dapat mencegah penyakit kanker, bahkan meringankan gejala yang timbul setelah kemoterapi, misalnya mual, muntah, dan rambut rontok.

Meski begitu, manfaat selenium dalam ikan mujair masih diteliti lebih lanjut terkait keamanan dan efektivitasnya dalam mencegah sekaligus mengatasi penyakit kanker.

4. Memelihara kesehatan jantung

Selain protein, ikan mujair juga mengandung omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Asam Lambung Naik? Simak 6 Langkah Pertolongan Pertama

Kandungan omega-3 di dalam ikan mujair memang tidak sebanyak ikan salmon, tapi lebih tinggi dari daging sapi dan ayam.

5. Meningkatkan suasana hati

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ikan mujair juga diketahui dapat meningkatkan suasana hati. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin B12 yang dapat memicu produksi serotonin dalam tubuh, yaitu hormon yang memengaruhi suasana hati. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga