Sukseskan Program 1 Juta Vaksin, Pemkot Kendari Target 3 Ribu Dosis

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 30 Juni 2021
0 dilihat
Sukseskan Program 1 Juta Vaksin, Pemkot Kendari Target 3 Ribu Dosis
Ratusan warga antusias mengikuti vaksinasi massal di PMCC RSUD Kota Kendari. Foto: Ist.

" Kita edukasi terus untuk vaksin, yang belum vaksin datanglah vaksin, ini gratis tidak dipungut bayaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar vaksinasi massal, mendukung program pemerintah melakukan 1 juta vaksin per hari.

Vaksinasi massal dilakukan bersamaan dengan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo di Kota Lulo, memantau keseriusan pemerintah menangani COVID-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Nahwa Umar menjelaskan, Pemkot Kendari menargetkan sebanyak 3 ribu orang. Vaksinasi massal dilakukan di Privat Medical Care Center (PMCC) RSUD Kota Kendari.

“Kita edukasi terus untuk vaksin, yang belum vaksin datanglah vaksin, ini gratis tidak dipungut bayaran,” ungkap Nahwa Umar, saat memantau vaksinasi massal di PMCC, Rabu (30/6/2021).

Nahwa menjelaskan, dalam penanganan COVID-19, sejak awal pemerintah sudah menyiapkan anggaran vaksin melalui belanja tidak terduga, sehingga Pemkot tidak mengalami kesulitan.

Baca Juga: Kadin Sultra: Silakan Demo Tapi Jangan Bakar Atribut

“Vaksinasi massal inikan sebenarnya dadakan, kita tidak rencanakan sampai sebesar ini. Anggaran sudah diantisipasi oleh wali kota dan kadis kesehatan, yang penting untuk masyarakat kita jalan,” katanya.

Kadis Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum mengatakan, vaksinasi disediakan untuk usia 18 tahun ke atas dengan jenis vaksin sinovac.

“Saat ini kita menyediakan untuk 3000 sasaran,” katanya.

Dia juga memberi apresiasi pada sejumlah pihak yang mendukung percepatan vaksinasi. Antusiasme masyarakat juga sangat terlihat dalam vaksinasi kali ini.

Dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo mengajak segenap pemerintah daerah untuk memberikan dukungan terhadap target pemberian satu juta vaksin per hari di bulan Juli.

Kerja sama semua pihak juga dibutuhkan untuk mencapai target tersebut.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo ke para kepala daerah di Sultra, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal yang digelar di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Kota Kendari, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Kerajinan Lokal dan Pariwisata Muna Ditampilkan di Munas Kadin

"Kita memang harus mengejar target untuk bulan Juli satu juta per hari dan nanti bulan Agustus menjadi dua juta per hari. Semua kabupaten harus memberikan dukungan dengan jumlah yang sebanyak-banyaknya sehingga target itu bisa kita lampaui karena kita memang harus mengejar angka-angka yang sudah kita kalkulasi," ucap Presiden dalam pengarahannya.

Dalam acara vaksinasi tersebut, sedikitnya 1.400 masyarakat umum dan pelaku UMKM mendapatkan suntikan vaksin CoronaVac dari Sinovac.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, vaksinasi massal juga dilaksanakan di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sultra. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga