Tahun Ini 276 Sekolah dan Madrasah se-Sultra Bakal Akreditasi

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 20 April 2022
0 dilihat
Tahun Ini 276 Sekolah dan Madrasah se-Sultra Bakal Akreditasi
Suasana pembelajaran di SMAN 4 Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Sebanyak 276 sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan madrasah se-Sultra, tahun ini akan melaksanakan akreditasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 276 sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan madrasah se-Sultra, tahun ini akan melaksanakan akreditasi, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan.

Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah Sultra, Prof. Anwar Hafid mengatakan, untuk tahun ini prioritas sekolah yang akan diakreditasi adalah sekolah yang baru berdiri sebanyak 47 sekolah/madrasah.

"Kemudian sekolah dengan status tidak terakreditasi 2 tahun sebelumnya sebanyak 66, serta yang status akreditasinya diperpanjang 1 tahun pada tahun 2021 dan yang akreditasinya berakhir pada tahun 2022 itu sebanyak 163 sekolah," ungkapnya kepada Telisik.id, Rabu (20/4/2022).

Dirinya menyebutkan, saat ini sudah memasuki asesmen akreditasi tahap pertama, di mana ada sebanyak 15 sekolah yang akreditasi.

Dijelaskan, tahap pertama dimulai di bulan April ini dengan beberapa tahapan yaitu dimulai dari asesmen kecukupan yang dilakukan pada tanggal 8 April, kemudian visitasi akreditasi di lapangan (luring) 11-12 April yang dilakukan oleh 2 orang asesor, kemudian validasi hasil visitasi 18 April, serta terakhir verifikas 22 April mendatang.

Baca Juga: Agnes Nogo Temu, Mahasiswi Unsultra Tunjukkan Kualitas dan Prestasi Tingkat Internasional

Sejatinya, setiap tahun akreditasi akan dilakukan selama dua kali, dengan menyesuaikan anggaran yang ada serta jumlah kuota, di mana setiap provinsi sudah diberikan jatah dari pemerintah pusat, berapa yang akan diakreditasi setiap tahunnya.

Jika ada salah satu provinsi yang tidak bisa melaksanakan akreditasi sesuai dengan kuota yang diberikan, maka provinsi yang siap untuk melaksanakan akreditasi bisa mengambil jatah dari provinsi tersebut. Sehingga proses akreditasi bisa dilakukan tiga kali dalam setahun, dan Sultra pernah melakukan hal tersebut beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Buka Penerimaan Maba, ITK Avicenna Kendari Siapkan Beasiswa dengan Syarat Ini

Untuk akreditasi tahap kedua, ia mengatakan, akan dilakukan pada bulan Juni mendatang dengan melibatkan sebanyak 261 sekolah/madrasah.

"Dengan rentetan sekolah baru sebanyak 32, tidak terakreditasi sebanyak 66, diperpanjang 1 tahun sebanyak 163. Di mana akan melibatkan sebanyak 137 asesor, yang bakal melakukan akreditasi di tahap kedua nanti," ujarnya. (C)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga