Tahun Ini Puluhan SMP di Manggarai Dapat Ruang Kelas Baru dan Ruang Guru

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 04 Juli 2023
0 dilihat
Tahun Ini Puluhan SMP di Manggarai Dapat Ruang Kelas Baru dan Ruang Guru
Kepala Dinas PPO Kabupaten Manggarai, Frans Gero mengatakan, tahun ini puluhan SMP akan mendapatkan ruang kelas baru dan ruang guru yang bersumber dari DAU SG. Foto: Ist.

" Puluhan SMP di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, akan mendapat Ruang Kelas Baru (RKB) dan Ruang Guru (RG) pada tahun 2023 ini "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Puluhan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, akan mendapat Ruang Kelas Baru (RKB) dan Ruang Guru (RG) pada tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero mengatakan, pembangunan ruang kelas baru dan ruang guru itu ada yang diperuntukan ke sekolah yang baru dibangun dan ada juga untuk sekolah yang sudah dibangun.

"Jumlah ruang kelas baru yang mau dibangun ada 192 unit beserta ruang gurunya. Dari 192 unit itu ada 51 ruang kelas baru untuk 26 SMP dan masing-masing ruang guru untuk 6 SMP. Semuanya tersebar di Kabupaten Manggarai," kata Gero, Selasa (4/7/2023).

Ia melanjutkan, pembangunan ruang kelas baru dan ruang guru itu menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) Specific Grant (SG) yang dialokasikan pemerintah pusat untuk mendanai kegiatan fisik dalam rangka peningkatan kualitas layanan dasar dan capaian standar pelayanan bidang pendidikan.

"Rencananya bulan depan sudah mulai dibangun. Saat ini puluhan paket tersebut sedang dalam proses lelang tender. Kita berharap percepatan pembangunan segera berjalan," kata Gero tanpa menyebut besaran nominal DAU SG yang dialokasikan.

Baca Juga: Sekolah di Kupang Diteror, 6 Ruang Kelas Dirusak OTK

Untuk sebagian SMP yang proses belajar mengajarnya sudah berjalan, tambah Gero, juga akan mendapat ruang kelas baru dan ruang guru, karena memang masih ada sebagian SMP di Kabupaten Manggarai yang belum mempunyai ruang kelas baru dan ruang guru.

Sebenarnya, lanjut dia, program pembangunan ruang kelas baru ini berjalan tahun lalu. Hanya masih ada kendala satu dua hal sehingga dipending ke tahun 2023.

Menanggapi itu, sorang warga, Vinsensius mengaku senang dan menyambut baik program pembangunan ruang kelas baru ini. Pasalnya, kata dia, masih ada SMP di Manggarai yang memakai ruang SD untuk numpang proses belajar mengajar, salah satunya SMPN 7 Reok yang terletak di Kelurahan Wangkung.

"Kurang lebih sudah beberapa tahun berjalan SMPN 7 Reok masih pinjam gedung SD untuk proses belajar mengajar. Memang lahan untuk pembangunannya sudah ada di bukit hanya masih belum terealisasi. Tetapi syukurlah kalau sudah ada kabar tentang rencana pembangunan ruang kelas baru dan ruang guru supaya anak-anak kami juga bisa mengikuti pembelajaran di sekolah sendiri," kata Vinsen.

Baca Juga: Tak Pernah Dibenahi, Atap Ruang Kelas SDN di Kolaka Timur Ambruk

Sementara itu staf Perencanaan Dinas PPO Kabupaten Manggarai, Nur mengatakan, untuk SMPN 7 Reok sudah masuk dalam data perencanaan yang mau dibangun tahun ini.

Dari 51 unit ruang kelas baru yang rencana dibangun, kata Nur, SMPN 7 Reok akan mendapatkan 4 ruang kelas baru dan 1 ruang guru.

"Ada 51 unit ruang kelas baru menyebar di puluhan SMP. Kurang lebih ada 26 SMP yang mendapatkannya, salah satunya SMPN 7 Reok mendapat 4 ruang kelas baru dan 1 ruang guru," kata Nur. (A)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga