Tak Ada Larangan Mudik Lebaran 2021, Polda Sultra Tetap Gelar Operasi Ketupat

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 17 Maret 2021
0 dilihat
Tak Ada Larangan Mudik Lebaran 2021, Polda Sultra Tetap Gelar Operasi Ketupat
Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan. Foto: Ibnu/Telisik

" Walaupun ada dan tidaknya larangan mudik lebaran tahun ini kami tetap akan menjaga dan mengantisipasi melalui Operasi Ketupat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah menyatakan tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada lebaran tahun ini.

Walaupun perayaan lebaran tahun ini diperkirakan masih dalam suasana pandemi COVID-19, namun kebiasaan masyarakat menjelang Ramadan dan lebaran untuk mudik sudah menjadi tradisi.

Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan mejelaskan, sampai saat ini belum ada penyampaian resmi Menteri Perhubungan terkait tidak adanya larangan mudik lebaran 2021 dan pihaknya menunggu penyampaian Mabes Polri.

"Walaupun ada dan tidaknya larangan mudik lebaran tahun ini kami tetap akan menjaga dan mengantisipasi melalui Operasi Ketupat," ungkapnya, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Tidak Membatalkan Puasa

Ferry juga menambahkan, Polri terus mengupayakan agar ketertiban Operasi Ketupat bisa berjalan dengan baik.

"Tahun lalu pemerintah minta masyarakat supaya tidak mudik pun kita tetap jaga," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada lebaran 2021.

Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021), yang membahas sejumlah hal, salah satunya kesiapan transportasi untuk arus mudik dan arus balik lebaran 2021.

"Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021, pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik)," kata Budi dalam rapat kerja yang dilakukan secara daring tersebut. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga