Tak Ingin Cuma Dapat Laporan, Sekda Sultra Sidak Posko Terpadu Gugus Tugas COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 08 Agustus 2020
0 dilihat
Tak Ingin Cuma Dapat Laporan, Sekda Sultra Sidak Posko Terpadu Gugus Tugas COVID-19
Sekda Sultra bersama Kadis Kominfor Saat meninjau gudang logistik COVID-19. Foto: Ist.

" Ini cara saya bekerja, saya tidak mau diceritakan kondisi Posko, sehingga laporan berbeda dengan kenyataannya. Saya harus lihat sendiri. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara, Hj Nur Endang Abbas, melakukan sidak di Posko Gugus Tugas COVID-19 Sulawesi Tenggara, Jumat (7/8/2020).

Kedatangan Jenderal ASN Provinsi Sulawesi Tenggara itu guna mengetahui perkembangan terkait penanganan COVID-19 di Sulawesi Tenggara.

"Ini cara saya bekerja, saya tidak mau diceritakan kondisi Posko, sehingga laporan berbeda dengan kenyataannya. Saya harus lihat sendiri," ungkap Nur Endang Abbas.

Dalam kunjungannya tersebut, dia menyampaikan kepada Tim Satuan Tugas penanganan COVID-19 agar bekerjasama lintas sektoral dan memaksimalkan pelayanan terutama keterpaduan masalah data, baik data dari kabupaten kota maupun provinsi.

"Karena jantungnya Posko ini adalah penyajian data yang akurat dan faktual baik untuk kebutuhan masyarakat Sultra maupun data laporan ke pusat," terangnya.

Selain terkait pelayanan dan keakuratan data COVID-19, ia juga menyoroti soal kebersihan yang masih kurang, penataan administrasi yang berkasnya terhambur.

Baca juga: Positif COVID-19 di Sultra Bertambah 28 Kasus, Sembuh 14 orang

"Susunlah yang rapi dan teratur, ini lho contohnya meja Pak Polisi dan Pak Tentara cukup rapi, kalian kan Tim Terpadu, jadi kalau ada satu yang kurang baik maka semuanya akan kena imbasnya," tambahnya.

Setelah memeriksa administrasi Posko, Sekda melanjutkan peninjauannya di gudang logistik bantuan dan gudang alat kesehatan yang didampingi oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sulawesi Tenggara.

"Untuk stok alat rapid masih tersisa 960 pcs, ini nanti kita laporkan sama Gubernur supaya dianggarkan pembeliannya," ujarnya.

Nur Endang mengatakan, alat rapit test tersebut harus selalu siap, sebab menurutnya, ini adalah keperluan masyarakat Sulawesi Tenggara, dan selalu digunakan setiap kali ada kegiatan penting.

"Masker berlogo Pemprov Sultra telah siap dan ini akan dibagikan kepada masyarakat Sultra di 17 kabupaten kota dalam rangka  Hari Kemerdekaan RI ke-75 di Sultra tahun 2020 dengan tema SULTRA BERMASKER," tutup Hj Nur Endang Abbas.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga