Tak Punya Fasiltas, Buton Siap Sukseskan Porprov

Deni Djohan, telisik indonesia
Rabu, 08 Januari 2020
0 dilihat
Tak Punya Fasiltas, Buton Siap Sukseskan Porprov
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton, Abdul Zainuddin Napa. Foto/Istimewa

" Kalau event nya itu tidak ada masalah. Karena saya sudah tujuh kali menyelenggarakan event festival budaya tua saat masih di pariwisata kemarin. "

PASARWAJO, TELISIK.ID - Bupati Buton, Drs. La Bakry, mempercayakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Abdul Zainuddin Napa sebagai ujung tombak kesuksesan penyelenggaraan pekan olahraga provinsi (Porprov) ke XIV pada 2022 mendatang. Selain telah teruji, mantan Kepala Dinas Pariwisata Buton itu juga memiliki etos kerja yang baik.

Menanggapi hal itu, Zainuddin mengaku, pada prinsipnya, dirinya selalu siap semaksimal mungkin menjalankan amanah pimpinan. Apalagi event Porprov, merupakan program bupati sebelum mengakhiri masa jabatannya sebagai orang nomor satu di Buton.

"Kalau event nya itu tidak ada masalah. Karena saya sudah tujuh kali menyelenggarakan event festival budaya tua saat masih di pariwisata kemarin," ungkap Zainuddin saat dikonfirmasi melalui sambungan telponnya,  Rabu (08/01/2020).

Hanya saja, lanjutnya, dirinya tidak bisa menyelenggarakan kegiatan itu seorang diri. Ia membutuhkan dinas lain dalam hal pembangunan sarana dan prasarana sebagai sarana pendukung kesusksesan event empat tahunan itu.

"Sarana olahraga nya ini harus mendapatkan dukungan dari instansi terkait baik di daerah, provinsi dan pusat. Karena dinas ini yang punya uang," ungkapnya.

Kata dia, pemerintah daerah telah menyiapkan lahan untuk pembangunan tersebut. Tinggal bagaimana kemudian pemerintah provinsi dan pusat dalam hal ini kementerian olahraga mengucurkan anggaran untuk pembangunan infrastrukturnya.

Menurutnya, semua sarana olahraga yang akan dipertandingkan itu sangat penting. Hanya saja ada beberapa jenis olahraga yang dianggap paling urgen. Misalnya pertandingan sepak bola, Voli dan Renang. Jenis pertandingan ini membutuhkan sarana yang baik.

 "Lapangan sepak bola juga tidak bisa hanya satu, minimal dua yang representatif standar nasional," jelasnya.

Baca Juga: Ridwan Tegaskan tak Usung Anaknya di Pilkada Muna

Ia berharap, semua kebutuhan itu dapat disahuti pemerintah provinsi dan kementerian. Pasalnya, sejak memekarkan sejumlah wilayahnya, Kabupaten Buton tak pernah lagi menyelenggarakan event tingkat provinsi. Sehingga event ini dianggap momen paling penting dalam menunjukan kemampuan daerah.

Reporter: Deni Djohan
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga