Tanaman di Median Jalan Kendari Sering Diambil Orang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 23 Januari 2021
0 dilihat
Tanaman di Median Jalan Kendari Sering Diambil Orang
Proses penanaman di RTH median jalan di Kota Kendari. Foto: Ist.

" Tanaman hias yang ditanam petugas Lingkungan Hidup di median jalan untuk mempercantik dan memperindah wajah Kota Kendari, sering diambil orang yang tidak bertanggung jawab. "

KENDARI, TELISIK.ID – Tanaman hias yang ditanam petugas Lingkungan Hidup di median jalan untuk mempercantik dan memperindah wajah Kota Kendari, sering diambil orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama. Menurutnya, sejak menanam dan memelihara bunga hias menjadi tren di seluruh daerah, tanaman hias di beberapa titik sepanjang median jalan kerap hilang.

Dimana, kata dia, tanaman yang sering diambil orang yang ada di ruang terbuka hijau (RTH) median jalan, seperti yang ada di depan Puskesmas Jati Raya dan depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

“Sering tanaman kita diambil seperti kita tanam di RTH yang depan Puskesmas Jati Raya. Bahkan baru-baru ini juga jenis bunga Melati Belanda, itu juga dicabut orang di depan Kejati Sultra,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Kendati demikian, ia melanjutkan, pihaknya tidak bosan untuk menanam tanaman hias di RTH median jalan, meski memang sering diambil. Bahkan tanaman yang ada di median jalan depan TK Kuncup Pertiwi seperti bunga Pucuk Merah juga sering hilang diambil orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: DLHK Kendari Butuh Pemikiran Masyarakat Dalam Tata Lingkungan Kota

Baca juga: Lewat Medsos, Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari Terima Masukan

“Kalau hilang, kami terpaksa cari gantinya lagi. Memang sudah beberapa kali hilang, kita cari tanaman lagi, terus hilang lagi. Tapi, Alhamdulillah saat ini tidak hilang lagi,” lanjutnya.

Ia menegaskan bahwa tanaman yang ditanam di sepanjang median jalan merupakan pengelolaan pemerintah kota melalui DLHK, bukan milik pihak swasta.

“Jadi itu kelolaan kami di DLHK, bukan pihak swasta,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Kendari, Abu Fatih mengaku merasa nyaman lewat di jalan yang sepanjang mediannya dipenuhi dengan tanaman dan pohon yang cantik dan rindang.

“Iya, bagus dipandang dan nyaman juga kalau kita lewat di jalan yang banyak tanamannya di sepanjang median,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga