adplus-dvertising

Tangani Pasien COVID-19, Pemerintah Bakal Tambah 20 Ribu Perawat dan 3.900 Dokter

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 13 Juli 2021
1932 dilihat
Tangani Pasien COVID-19, Pemerintah Bakal Tambah 20 Ribu Perawat dan 3.900 Dokter
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: Repro Bola.com

" Melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia perlu diimbangi dengan penambahan tenaga perawat dan dokter. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia perlu diimbangi dengan penambahan tenaga perawat dan dokter.

Pemerintah pun berencana akan melakukan penambahan perawat dan dokter dalam rangka penambahan tempat tidur bagi penanganan pasien COVID-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (13/7/2021) mengungkapkan, untuk perawat telah diidentifikasi kebutuhan sekitar 16-20 ribu perawat.


Baca juga: Jokowi Lantik 700 Perwira TNI dan Polri

Baca juga: Vaksin Berbayar Ditunda, Ini Respon Parlemen

“Kita sudah mempersiapkan dan mengidentifikasi tenaga-tenaga perawat yang sudah lulus sekolahnya, sudah lulus juga uji kompetensinya, dan masih di tingkat akhir," ujarnya.

Dikatakan, atas instruksi Bapak Presiden, nanti ia akan bicara dengan Menteri Pendidikan bagaimana bisa menggerakkan perawat-perawat ini lebih cepat masuk ke praktik.

Sementara untuk kebutuhan dokter kata Budi, sebanyak sekitar tiga ribu orang, akan dipenuhi dari dokter pasca internship.

“Kita juga melihat bahwa dokter-dokter yang akan selesai internship-nya di tahun ini ada sekitar 3.900, jadi kita juga sudah mempersiapkan dokter-dokter tersebut yang baru lulus internship untuk segera masuk,” pungkasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga