Tenun Khas Sulawesi Tenggara Mencuri Perhatian di Panggung IFW 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 28 Maret 2024
0 dilihat
Tenun Khas Sulawesi Tenggara Mencuri Perhatian di Panggung IFW 2024
Peraga busana saat memamerkan tenun khas Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Tenunan khas Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi sorotan utama dalam ajang bergengsi, Indonesia Fashion Week (IFW) 2024, di Jakarta Convention Center (JCC). Diprakarsai oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, IFW dibuka pada Rabu (27/3/2024) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tenunan khas Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi sorotan utama dalam ajang bergengsi, Indonesia Fashion Week (IFW) 2024, di Jakarta Convention Center (JCC). Diprakarsai oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, IFW dibuka pada Rabu (27/3/2024).

Pameran dan fashion show menjadi dua acara utama yang menampilkan keindahan tenun Sultra. Koordinasi langsung dilakukan oleh Ketua Dekranasda Sultra, Wa Ode Munanah Asrun Lio, dengan melibatkan sejumlah Dekranasda Kabupaten/Kota.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, dijadwalkan hadir untuk menyaksikan langsung pagelaran fashion show yang menampilkan kekayaan tenunan Sultra pada 29 Maret 2024 mendatang.

Baca Juga: Begini Pengamanan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Sulawesi Tenggara

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli, keikutsertaan Sultra dalam IFW sejak tahun 2017 telah menjadi strategi promosi yang efektif bagi produk kreatif unggulan daerah tersebut, terutama tenunan khasnya.

Stand tenun Dekranasda Sulawesi Tenggara saat dipemerkan di JCC. Foto: Ist.

 

"Bersama Dekranasda, IFW menjadi platform untuk mempromosikan motif wastra/kain khas Sultra serta menampilkan desainer lokal yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional," ungkap Belli dalam keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, Kamis (28/3/2024).

Fashion Sultra didukung oleh Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) Pusat, dengan kolaborasi antara desainer nasional dan lokal yang tergabung dalam APPMI Sultra.

IFW, sebagai ajang tahunan peragaan busana terbesar di Indonesia, mengangkat tema "Langgam Jakarta Teranyam" untuk memberi penghormatan kepada budaya Betawi.

Dekranasda Kabupaten Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Timur, dan Konawe Selatan menampilkan karya-karya desainer nasional seperti Defrico Audy dalam fashion show di Plenary Hall, JCC.

Perwakilan Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara,mulai dari Kabupaten Konawe Utara, Buton Selatan, Kolaka, Bombana, Buton Utara, Muna Barat, Buton, dan Kota Baubau.Foto:  Ist.

 

Sementara itu, desainer lokal seperti Julie Kaimuddin dari Konawe, Aida Aho dari Muna Barat, Akbar Tan dari Bombana, dan Irna Laperle dari Kota Baubau turut meramaikan fashion show dengan karya-karya mereka.

Baca Juga: Dit Resnarkoba Polda Sulawesi Tenggara Musnahkan 2,7 Kilogram Barang Bukti Narkotika

Event pameran diikuti oleh berbagai Dekranasda Kabupaten/Kota di Sultra, termasuk Provinsi Sulawesi Tenggara, Buton Selatan, Bombana, Buton Utara, Muna Barat, Buton, dan Kota Baubau.

IFW 2024 menjadi pagelaran yang ke-11 dengan melibatkan 300 perancang busana, 18 slot pagelaran busana, 400 booth, exhibitor, talkshow, trunk-show, dan berbagai kuliner.

Melalui IFW, Sultra terus memperkenalkan keindahan dan kekayaan budaya lokalnya kepada dunia fashion, menjadi bagian tak terpisahkan dari perhelatan mode tahunan terbesar di Indonesia. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga