Tenun Masalili Masuk Kategori Barang Mewah

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 19 Desember 2022
0 dilihat
Tenun Masalili Masuk Kategori Barang Mewah
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Ketua Dekranasda, Yanti Setiawati mengenakan tenun Masalili di kegiatan fashion show. Foto: Sunaryo/Telisik

" Tenun Masalili, Kabupaten Muna terus menunjukan eksistensinya. Kain tenun hasil perajin emak-emak itu, selain telah digunakan oleh Presiden, Joko Widodo, juga telah ditampilkan pada ajang fashion show tingkat nasional hingga keluar negeri "

MUNA, TELISIK.ID - Tenun Masalili, Kabupaten Muna terus menunjukan eksistensinya. Kain tenun hasil perajin emak-emak itu, selain telah digunakan oleh Presiden, Joko Widodo, juga telah ditampilkan pada ajang fashion show tingkat nasional hingga keluar negeri.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Muna, Yanti Setiawati Rusman Emba menerangkan, saat ini tenun Masalili masuk ketegori barang mewah. Banyaknya motif dan pilihan warna membuatnya semakin elegan.

"Walaupun masuk kategori barang mewah, kita tidak akan hilangkan nilia-nilai budayanya," kata Yanti, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Upaya Cegah Perundungan di Sekolah

Dekranasda sendiri tidak henti-hentinya terus mempromosikan tenun Masalili melalui ivent-ivent skala lokal, nasinoal hingga mancanegara. Dengan diikutkan pada berbagai event, secara otomatis kain-kain yang dihasilkan perajin akan laku terjual.

Kini, Dekranasda telah memprogramkan peningkatan skill para perajin dengan tujuan kain-kain yang dihasilkan bisa bersaing hingga tingkat nasional.

"Kita butuh dukungan semua pihak, agar tenun Masalili dapat menjadi kebutuhan seluruh masyarakat," pintanya.

Baca Juga: Tiga Kades Terpilih Mengadu ke DPRD Muna Soal PSU

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, akan terus memberikan dukungan pada Dekranasda untuk mempromosikan tenun Masalili.

Kata Rusman, tenun Masalili merupakan warisan leluhur yang harus terus dilestarikan. Motif-motif tenun mencirikan simbol budaya masyarakat Muna.

"Saya secara pribadi dan perwakilan Pemkab akan memberi dukungan penuh pada setiap kegiatan promosi tenun," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga