Tergeser dari Ketua PDIP Sultra, Abu Hasan Diuntungkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 08 Juli 2020
0 dilihat
Tergeser dari Ketua PDIP Sultra, Abu Hasan Diuntungkan
Kader DPD PDIP Sultra, Abu Hasan. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Dalam hitung-hitungan politik malahan ini sebenarnya menguntungkan Abu Hasan, karena dia tdk perlu lagi memikirkan Babupaten lainnya tuk bisa memenangkan Pilkada. Sekarang dia cukup fokus di Buton Utara saja. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tergesernya Abu Hasan dari jabatan Ketua DPD PDIP Sultra dan diganti oleh Lukman Abunawas menjadi perhatian publik. Namun, keputusan tersebut dinilai bisa menguntungkan Abu Hasan.

Pengamat Politik Sultra, Najib Husein mengatakan, pergeseran antara Abu Hasan dan Lukman Abunawas dari jabatan Ketua DPD PDIP Sultra pada dasarnya adalah hal yang biasa dalam sebuah organisasi. Bahkan, hal tersebut bukan suatu yang spektakuler di dunia politik.

Hanya saja, kata dia, jika sebagian orang mengira keputusan tersebut merugikan Abu Hasan, ternyata bisa jadi tidak demikian. Malah memberikan keuntungan tersendiri bagi Abu Hasan yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Buton Utara dan kembali mencalonkan diri di Pilkada 2020.

Sebab, tambah dia, pergeseran tersebut bisa membuat Abu Hasan lebih fokus memenangkan pencalonannya di Pilkada Kabupaten Buton Utara. Dibanding jika ia masih menjabat sebagai ketua partai yang mengharuskannya memikirkan enam kabupaten lainnya yang menyelenggarakan Pilkada.

Baca juga: Terungkap, SK Pergantian Abu Hasan Sejak Juni 2020

"Dalam hitung-hitungan politik malahan ini sebenarnya menguntungkan Abu Hasan, karena dia tdk perlu lagi memikirkan Babupaten lainnya tuk bisa memenangkan Pilkada. Sekarang dia cukup fokus di Buton Utara saja," katanya kepada Telisik.id, Rabu (8/7/2020).

Apalagi, lanjut Najib, PDIP merupakan partai pemenang, sehingga ada target-target tersendiri yang harus diraih untuk memenangkan Pilkada 2020 mendatang.

Makanya, kata dia, dengan dijadikannya Lukman Abunawas sebagai Ketua partai maka ia bisa mengkoordinir dan mengkonsolidasi tujuh kabupaten bersamaan yang akan laksanakan Pilkada.

Berbeda dengan Abu Hasan, dimana ia harus fokus memenangkan pencalonannya di Buton Utara, dan disisi lain dia juga harus memikirkan enam kabupaten lainnya untuk bisa menang pada Pilkada mendatang.

"Sebagai partai terbesar dan pemenang Pemilu, sudah pasti PDIP tidak ingin bermain-main di Sultra, khususnya di tujuh kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada. PDIP tak ingin kecolongan," jelasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga