Tertipu Ratusan Juta Rupiah, Puluhan Warga Jadi Korban Investasi Bodong

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Minggu, 27 Agustus 2023
0 dilihat
Tertipu Ratusan Juta Rupiah, Puluhan Warga Jadi Korban Investasi Bodong
Pelaku penipuan berkedok investasi (kanan) bersama suami. Foto: Ist.

" Puluhan warga Sulawesi Tenggara jadi korban investasi bodong hingga rugi ratusan juta rupiah "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan warga Sulawesi Tenggara jadi korban investasi bodong hingga rugi ratusan juta rupiah. Tidak terima dengan hal tersebut, beberapa korban melaporkan pelaku ke aparat kepolisian.

Salah satu korban berinisial EF bercerita, kasus penipuan ini bermula saat pelaku membujuk para korban untuk menginvestasikan dana mereka dengan iming-iming keuntungan berlipat ganda. 

Para korban tergiur karena pelaku bernama Nurfaidah, berhasil menjalankan bisnisnya dengan lancar dan amanah. Di awal-awal investasi, keuntungan berjalan lancar, namun ketika nilai investasi bertambah, uang yang dikembalikan mulai macet.

Setelah berbulan-bulan, para korban meminta kembali dana mereka, namun pelaku mulai menghindar dan hilang kontak. 

Baca Juga: Wanita Ini Menipu Modus Investasi Untung Besar

"Pas sudah mulai macet, saat dihubungi sudah jarang balas WA, ditelepon tidak diangkat," tutur EF.

Merasa ditipu, para korban pun melayangkan laporan ke polisi. Beberapa korban melaporkannya ke Polsek Mandonga dan korban lainnya melapor ke Polresta Kendari atas dugaan kasus penipuan, Sabtu (19/8/2023).

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Investasi Bodong yang Marak Terjadi

Salah satu korban yang melaporkan kasus penipuan ini ke Polres Kendari berinisial NR yang kehilangan uang sebesar Rp 2,5 juta. 

Setelah dilaporkan, kepolisian dengan sigap menangkap pelaku. Setelah diselidiki, selain EF dan NR, total korban yang diketahui saat ini sebanyak 28 orang dan masih terus bertambah. Bukan hanya di Kota Kendari, korban ada juga di Kabupaten Bombana, Konawe Selatan dan Konawe.

Total kerugian dari para korban ditaksir sebanyak Rp 200 juta. Pelaku saat ini telah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Kendari, Jalan Poros Nanga-Nanga, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga