Tewas Saat Demonstrasi, Ibu Yusuf Kardawi Mengadu Ke DPR RI

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 11 Desember 2019
0 dilihat
Tewas Saat Demonstrasi, Ibu Yusuf Kardawi Mengadu Ke DPR RI
Ibunda Yusuf Kardawi saat mengadu Ke DPR RI. Foto : Istimewa

" Kenapa pelaku Yusuf tidak terungkap, apa bedanya dengan Randi, mereka sama-sama mati?," ujar Endang sambil menangis, di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sambil menangis, Endang Yulida mempertanyakan kejelasan kasus anaknya, Yusuf Kardawi yang tewas dalam aksi demonstrasi menolak RKUHP dan revisi UU KPK yang berujung ricuh pada Kamis (26/9 /2019), di Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca Juga: Kurang dari Lima Bulan, Ribuan Kilogram Daging Impor Beredar di Kolut

Mereka didampingi PP Muhammadiyah dan dua kelompok LSM yakni Amnesty International dan Kontras. Pertemuan dipimpin Wakil Ketua Komisi III Desmond Junaedi Mahesa dari Fraksi Partai Gerindra.

Endang Yulida, diterima oleh Wakil Ketua Komisi III Desmond J. Mahesa di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan pada Selasa, 10 Desember 2019. Bersama Endang, hadir pula keluarga Imawan Randi. Yusuf dan Randi adalah dua mahasiswa Universitas Haluoleo (UHO) yang tewas dalam demonstrasi berujung ricuh di Kendari.

Namun, sejauh ini, baru kasus Randi yang terungkap siapa pelakunya. Sementara pelaku terkait kematian anaknya masih belum jelas hingga kini. Sampai hari ini, polisi menyebut Yusuf tewas karena cedera terkena benda tumpul.

" Kenapa pelaku Yusuf tidak terungkap, apa bedanya dengan Randi, mereka sama-sama mati?," ujar Endang sambil menangis, di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Selasa (10/12/2019).

" Mereka berjanji akan memberikan berita-berita yang terkait anak saya. Tapi sampai sekarang saya tidak terima itu Pak," lanjut dia.

Sementara Ayah Randi, La Sali berharap, agar aparat yang menembak anaknya dipecat serta dihukum seberatnya.

"Harapan saya sebagai orang tua, agar dia (pelaku) dipecat dan dihukum seberat beratnya. Jadi saya mohon kepada bapak Kapolri yang orang Kendari, yang tahu persis kejadian September kemarin. Jangan ditutup-tutupi," ujar Sali.

Baca Juga: DPW dan DPD PKS Tidak Kompak Soal SK Calon Wawali Kendari

Menanggapi semua permintaan tersebut, Desmond memastikan akan menyampaikan permintaan keluarga korban kepada Kapolri, Jenderal Idham Azis

" Pada intinya Bapak sebagai ayah, menuntut keadilan agar pelaku itu dihukum seberat-beratnya sesuai dengan hukum yang berlaku begitu ya Pak ya," ujar dia.

"Proses ini InsyaAllah akan saya sampaikan kepada Kapolri Pak Idham pada saat rapat agar lebih diatensi dengan baik," katanya.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Sumarlin

TAG:

DPR RI

Artikel Terkait
Baca Juga