Tidak Ada Libur Lebaran bagi Badut Jalanan

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Tidak Ada Libur Lebaran bagi Badut Jalanan
Aksi badut jalanan yang menghibur pengguna jalan meski di hari libur lebaran. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Pemerintah telah menetapkan jadwal libur bersama hari raya Idul Adha jatuh pada 28 dan 30 Juni 2023. Sehingga, jika dihitung libur pada 29 Juni serta 1 Juli yang jatuh pada Sabtu dan 2 Juli pada Minggu, maka total libur menjadi 5 hari pada akhir pekan ini "

KENDARI,TELISIK.ID - Pemerintah telah menetapkan jadwal libur bersama hari raya Idul Adha jatuh pada 28 dan 30 Juni 2023. Sehingga, jika dihitung libur pada 29 Juni serta 1 Juli yang jatuh pada Sabtu dan 2 Juli pada Minggu, maka total libur menjadi 5 hari pada akhir pekan ini.

Namun kenikmatan libur bersama tersebut hanya berlaku bagi segelintir orang saja, banyak orang-orang yang masih bekerja di hari libur lebaran seperti ini, bahkan di antara mereka ada yang bekerja sejak pagi dan masih di bawah umur. Merekalah badut jalanan.

Di balik kostumnya yang terlihat lucu, ada anak-anak di bawah umur yang sedang berjoget, menampilkan tarian-tarian lucu demi mendapatkan pundi-pundi rupiah yang tidak seberapa.

Baca Juga: Bikin Melongo, Gubernur Ali Mazi Kurban 61 Ekor Sapi se-Sulawesi Tenggara

Saat ditemui di perempatan Mc Donalds, Iman, seorang anak berusia 15 tahun tersebut sedang melakukan aksinya ketika lampu lalu lintas menunjukkan warna merah dan menepi di pinggir jalan ketika lampu berwarna hijau.

Dirinya melakukan aksinya menggunakan kostum badut beruang berwarna kuning kecokelatan. Di lehernya telihat ia mengalungi speaker kecil yang menyala berwarna-warni tiap memainkan musik, dengan tempat uang yang terbuat dari kardus bekas melekat di samping speaker tersebut.

Iman mengaku, kostum yang dikenakan hasil membeli dari salah satu penyedia kostum badut di Kota Kendari, namun ia tidak bersedia memberi tahu harga dan tempat membeli kostum tersebut.

Iman sendiri rupanya masih bersekolah di tingkat SMP yang berada di Konawe Selatan. dirinya berdalih, jika ia melakukan pekerjaan itu tanpa suruhan siapapun.

"Masih sekolah, kebetulan libur jadi saya cari uang," paparnya, Kamis (29/6/2023).

Meski banyak hal yang tampak tak ingin diceritakan oleh Iman, raut wajah bocah yang memiliki kulit agak hitam tersebut menggambarkan kelelahan karena melakukan aksinya sebagai badut jalanan sejak pagi.

Iman juga menambahkan, dalam sehari dirinya memperoleh hasil yang tak menentu, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000 jika beruntung.

Fakta mengejutkan lainnya adalah, bukan hanya Iman yang merupakan seorang bocah berkostum badut ini, namun banyak dari mereka yang memakai kostum itu adalah anak-anak di bawah umur, salah satunya Isra, bocah berusia 16 tahun dengan tubuh kecil dan kulit yang agak hitam.

Isra mengaku, bersama-sama Iman telah memakai kostum badut dan berjoget di jalanan tersebut sejak pagi, tepatnya setelah salat Ied.

"Dari pagi, kami kumpul dulu di masjid," ungkapnya.

Baca Juga: TPU Punggolaka Dipadati Ratusan Peziarah, Penjual Bunga dan Tukang Parkir Dadakan Raup Cuan di Hari Raya Idul Adha

Aksi mereka yang lucu tersebut terkadang membawa kesenangan tersendiri bagi para pengendara yang berhenti karena lampu berwarna merah, terutamanya anak-anak kecil, seperti sebuah keluarga kecil yang sedang mengendarai motor bebek bermerk honda.

Keluarga kecil tersebut beranggotakan ayah sebagai pengendara, ibu dan satu orang anak perempuan yang berusia sekitar 2 tahun. Sang anak tampak terhibur dengan goyangan lucu dari badut-badut ini. Namun, satu hal yang keluarga tersebut tidak tahu jika ada seorang anak di bawah umur yang tengah mengorbakan waktu liburnya demi rupiah.

Baik Isra maupun Iman hanyalah salah dua anak-anak di bawah umur yang tidak sempat menikmati waktu libur lebaran mereka karena harus mencari pundi-pundi rupiah yang tak menentu. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga