Tiga Positif Rapid Test, 60 Warga Muna Bakal Diswab

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 04 Mei 2020
0 dilihat
Tiga Positif Rapid Test, 60 Warga Muna Bakal Diswab
Jubir Satgas COVID-19 Muna, dr La Ode Abdul Wahid (baju orange) bersama Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Naryo/Telisik

" "

MUNA, TELISIK.ID - Tim Satgas COVID-19 Kabupaten Muna terus melakukan penelusuran terhadap warga yang kontak erat dan kurang erat pada 12 pasien yang sementara menjalani isolasi di Rumah Sakit (RS) Raha.

Jubir Satgas COVID Muna, dr La Ode Abdul Wahid Agigi menerangkan, sejauh ini pihaknya baru melakukan rapid tes terhadap 61 rekan salah seorang pasien berinisial JN. Hasilnya, satu orang ditemukan reaktif (positif) di Kecamatan Kabangka.

Kemudian, dilanjutkan rapid test terhadap satu orang terkait kegiatan GPIB dan satu orang Ijtima Ulama Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Keduanya dinyatakan positif.

"Untuk rapid test tanggal 1-2 Mei, tiga orang yang positif," kata Wahid.

Baca juga: Jembatan Terpanjang Pertama di Sultra Segera Rampung

Dengan adanya tiga warga yang positif rapid test itu, selanjutnya akan dilakukan swab bersama kontak erat lima orang pasien yang sedang dirawat.  Adapun jumlah kontak erat lima pasien sebanyak 60 orang.  

"Insya Allah secepatnya akan dilakukan swab tenggorokan," ujarnya.

Sementara itu, untuk tujuh pasien yang lebih dulu menjalani isolasi saat ini kondisi kesehatannya stabil. Mereka dalam tahapan pemulihan. Sehingga, ruang rawatnya dipisahkan dengan lima pasien yang baru masuk.  Ketujuhnya tinggal menunggu hasil swab keluar dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.  

"Sampelnya baru dikirim ke Kendari 29 April. Waktu menunggu biasanya 3-5 hari setelah sampel swab tiba di Makassar. Kita tunggu saja, semoga hasilnya negatif," pungkasnya.

Reporter: Naryo

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga