Tinggi Peminat, STIE 66 Kendari hanya Terima 1000 Mahasiswa Tahun Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 29 Juli 2023
0 dilihat
Tinggi Peminat, STIE 66 Kendari hanya Terima 1000 Mahasiswa Tahun Ini
Tes tulis seleksi mahasiwa baru STIE 66 Kendari yang hanya akan diterima sebanyak 1.000 mahasiswa tahun ini. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Perguruan tinggi swasta sering kali jadi opsi kedua calon mahasiswa apabila mereka tak berpeluang di perguruan tinggi negeri, namun hal tersebut bukan berarti semua siswa dapat diterima, perguruan tinggi swasta juga punya tingkat seleksi yang ketat "

KENDARI,TELISIK.ID - Perguruan tinggi swasta sering kali jadi opsi kedua calon mahasiswa apabila mereka tak berpeluang di perguruan tinggi negeri, namun hal tersebut bukan berarti semua siswa dapat diterima, perguruan tinggi swasta juga punya tingkat seleksi yang ketat.

Sama halnya dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari yang melakukan tes seleksi kepada calon mahasiswa sesuai standar akreditasi. Ketua STIE 66 Kendari, Bakhtiar mengatakan, tahun ini pihaknya hanya menarget 1.000 mahasiswa baru.

Meski tahun ini menurutnya, animo masyarakat cukup tinggi yaitu mencapai 1.500 pendaftar, lebih tinggi di banding tahun lalu yang hanya 1.000 orang. Seleksi dilakukan untuk menyaring mahasiswa yang memenuhi standar.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 58 Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Ia menambahkan, program studi S1 dan S2 manajemen konsentrasi manajemen SDM dan strategi dan S1 akuntansi konsentrasi perpajakan jadi program studi paling diminati para pendaftar.

Khsusunya S1 akuntansi perpajakan, hal ini menurutnya sejalan dengan program pemerintah untuk institusi pendidikan lebih mengutamakan alumni akuntansi perpajakan.

STIE 66 melakukan tes tulis yang terdiri dari tes potensi akademik dan tes bahasa Inggris. Seperti hari ini, Sabtu (29/7/2023), tes dilakukan selama empat jam lamanya, mulai dari pukul 13.00 Wita hingga 17.00 Wita. Ada sekitar 680 siswa yang mengikuti tes tulis tersebut.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia dalam Bidang Studi Bisnis Versi EduRank

Salah seorang peserta tes yang mendaftar program studi manajemen, Isra mengatakan, tes yang diberikan cukup sulit terutama pada tes bahasa Inggris yang dimulai pada sesi kedua, pukul 15.30 Wita.

Meski begitu ia optimis hasilnya akan baik dan diterima sebagai mahasiswa. Kata Isra, hasil tes akan diumumkan pada Rabu, 3 Agustus 2023 mendatang, peserta yang lolos dilihat dari hasil tes tulis yang melampaui passing grade atau nilai yang ditentukan STIE 66.

Ia sendiri memilih mendaftar di kampus swasta yang punya akreditas baik dan sesuai dengan minat program studi yang ingin didalaminya. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga