Tingkatkan Produksi, Petani Konawe Diajak Maksimalkan Saluran Irigasi

Aris Syam, telisik indonesia
Sabtu, 12 Maret 2022
0 dilihat
Tingkatkan Produksi, Petani Konawe Diajak Maksimalkan Saluran Irigasi
Kepala Dinas TPHP Konawe, Gunawan Samad saat meninjau lokasi tanam holtikultura di Kantor Bupati Konawe. Foto : Ist

" Kepala Dinas TPHP Konawe, Gunawan Samad menuturkan, demi meningkatkan hasil produksi tanam padi, maka ketersediaan air menjadi sala satu faktor terpenting untuk para petani "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Konawe mengajak para petani untuk memaksimalkan saluran air irigasi dalam meningkatkan produksi padi.

Kepala Dinas TPHP Konawe, Gunawan Samad menuturkan, demi meningkatkan hasil produksi tanam padi, maka ketersediaan air menjadi sala satu faktor terpenting untuk para petani. Tanpa air, produktivitas pertanian tidak dapat berkembang dengan maksimal.

Dengan demikian, kata Gunawan, dengan adanya sistem saluran air irigasi yang baik  menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Karena fungsi irigasi sebagai pemasok air,  sehingga petani kita tak khawatir meski memasuki musim kemarau," jelas Gunawan, Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Dampak Pembangunan Irigasi Bendungan Ameroro, Produksi Gabah Kering Konawe Bakal Berkurang

Gunawan menambahkan, khusus di Kabupaten Konawe yang sedang menerapkan Indeks Pertanaman (IP) 300 atau penanaman tiga kali dalam setahun, maka sangat diperlukan pemasok air yang cukup.

Olehnya itu, ia menyampaikan para petani di Konawe yang ingin menerapkan IP 300 agar dapat mengambil contoh kepada petani lain yang telah menerapkan IP 300 dengan sistem saluran irigasi yang baik.

Baca Juga: Seleksi Sekda Busel Terus Berpolemik, La Ode Budi: Titipan Gubernur Sangat Aneh

"Salah satunya di Kecamatan Tongauna telah menerapkan IP 300 , dan mungkin bisa dijadikan contoh untuk petani lain," imbaunya.

Menurutnya, jika semua petani memiliki saluran air irigasi yang baik, otomatis seluruh wilayah Kabupaten Konawe ini sudah dapat menerapkan pola tanam IP 300. Bahkan juga dapat berguna untuk kebutuhan lain.

"Irigasi pertanian juga dapat dimanfaatkan untuk tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan," tandasnya. (C)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga