Tips Ampuh Menaikan Berat Badan Tanpa Obat Penggemuk

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 17 Januari 2024
0 dilihat
Tips Ampuh Menaikan Berat Badan Tanpa Obat Penggemuk
Secara medis ada solusi berupa tips dan cara menambah berat badan secara sehat. Foto: Repro Grid

" Untuk sebagian orang, menaikan berat badan dapat menjadi tantangan yang serius. Namun, dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat mencapai kenaikan berat badan secara alami dan sehat "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk sebagian orang, menaikan berat badan dapat menjadi tantangan yang serius. Namun, dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat mencapai kenaikan berat badan secara alami dan sehat.

Dilansir dari Mitra Keluarga menurut penelitian, skor BMI yang berada pada nilai dibawah 18.5 menjadi tanda bahwa Anda kekurangan berat badan. Sedangkan skor BMI badan ideal adalah antara 18,5-24,9.

Secara medis ada solusi berupa tips dan cara menambah berat badan yang sehat.  Untuk menambah berat badan, kita memang melakukan strategi yang berbeda dengan menurunkan berat badan.

Dilansir dari Yankes.kemkes.go.id, berikut beberapa tips menggemukan berat badan tanpa obat penggemuk yaitu:

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Kulit Wajah Berminyak

- Makanlah sesuai kemampuan dan kebiasaan-kebiasaan

Jika Anda tidak terbiasa makan dalam jumlah besar, maka makanlah dengan frekuensi lima sampai enam kali sehari.

Minumlah air yang cukup sebelum dan sesudah makan, tetapi tidak saat makan. Ini membantu menyisakan lebih banyak ruang untuk makanan.

- Konsultasi dengan Ahli Gizi

Lakukan konsultasi personal dengan ahli gizi teregistrasi (nutrisionis/dietisien) untuk membantu Anda membuat perencanaan makan sesuai kebutuhan gizi dan kebiasaan makan sehari-hari.

Baca Juga: Warna Pakaian yang Cocok Bagi Kulit Sawo Matang

- Meningkatkan konsumsi protein

Protein berfungsi untuk membangun pertumbuhan tulang dan meningkatkan massa otot. Meningkatkan konsumsi protein juga dianjurkan dalam menambah berat badan. Secara medis, konsumsi protein dengan tujuan menambah berat badan diperlukan sebanyak 1-1,6 gram per kilogram berat badan per hari.

- Meningkatkan asupan karbohidrat dan lemak

Selain protein, Anda bisa meningkatkan jumlah asupan makanan tinggi karbohidrat dan lemak, jika memang fokus untuk menambah berat badan. Jangan lupa untuk menjaga pola makan bergizi seimbang untuk memenuhi nutrisi mikronutrien. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga