Tongkol Jagung Ternyata Bisa Diolah Jadi Tepung

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 20 Juni 2020
0 dilihat
Tongkol Jagung Ternyata Bisa Diolah Jadi Tepung
Kepala Balai Karantina Pertanian Klas II Kendari, N. Prayatno Ginting bersama Kadis TPHP Muna, La Ode Anwar Agigi. Foto: Sunaryo/Telisik

" Ada alat untuk mengolahnya. Kalau sudah jadi tepung, Jepang dan China siap terima. "

MUNA, TELISIK.ID - Tongkol jagung selama ini dianggap sebagai sampah. Setelah jagung dipipil, tongkolnya dibuang begitu saja. Ternyata, tongkol jagung masih bisa diolah menjadi bahan makanan.

N.Prayatno Ginting, Kepala Balai Karantina Pertanian Klas II Kendari mengungkapkan, tongkol jagung bisa diolah menjadi tepung. Nah, tepung dari tongkol jagung itu bisa diekspor ke negara Jepang dan China. Harganya pun cukup tinggi.

"Ada alat untuk mengolahnya. Kalau sudah jadi tepung, Jepang dan China siap terima," kata Prayatno.

Prayatno mengaku akan bekerja sama dengan Pemkab Muna untuk mengolah tongkol jagung menjadi tepung. Hal tersebut setelah melihat keseriusan Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam mengembangkan jagung di Bumi Sowite.

Baca juga: Darurat Banjir, Konut Berpotensi Hujan Lebat Hingga Tujuh Hari ke Depan

"Insya Allah kita akan bantu Pemkab Muna," ujarnya.  

Sementara itu, Kadis TPHP Muna, La Ode Anwar Agigi menyambut baik tawaran Balai Karantina Pertanian Kendari. Kerja sama pengolahan tongkol jagung menjadi tepung akan segera ditindaklanjuti. Sehingga, ke depannya, bukan saja jagung yang dipasarkan ke luar daerah,  melainkan satu paket dengan tepungnya.

"Ini akan menjadi tambahan penghasilan baru bagi petani jagung," tukasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga